Profil Nicholas Negroponte: Pencetus Gagasan Desain dan Multimedia Berbasis Teknologi

Nicholas Negroponte: Pencetus Gagasan Desain dan Multimedia Berbasis Teknologi

Nicholas Negroponte (Founder & Chairman of One Laptop per Child Association).

Nicholas Negroponte telah menjadi pembawa kabar di era digital, dan menjadi penulis buku terlaris Being Digital (1995). Buku ini berisi tentang pertumbuhan dan masa depan teknologi. Pendiri dan chairman emeritus dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Media Lab ini adalah sosok penting di balik berdirinya lembaga nirlaba One Laptop Per Child (OLPC).

Negroponte dilahirkan pada 1 Desember 1943 dan merupakan seorang warga negara Amerika Serikat. Namun ia memiliki darah Yunani dari ayahnya, Dimitri John, yang merupakan raja kapal Yunani. Ia adalah adik John Negroponte (mantan wakil Menteri Dalam Negeri AS). Saudara kandungnya yang lain adalah Michael Negroponte, salah satu pemenang Emmy Awards. Saudara sekandung lainnya, George Negroponte, adalah seorang seniman dan Presiden Drawing Center (2002 – 2007).

Semasa sekolah, Negroponte kerap berpindah-pindah sekolah. Ia bersekolah di tempat berbeda, mulai dari Buckley School di New York City, Le Rosey di Switzerland, dan The Choate School (sekarang Choate Rosemary Hall) di Wallingford, Connecticut. Ia sendiri lulus pada tahun 1961.

Saat SMA, Negroponte sangat pandai di bidang seni dan matematika. Selanjutnya, Negroponte belajar di MIT sebagai mahasiswa sarjana dan pascasarjana di bidang arsitektur.

“Setelah empat tahun berkuliah di jurusan arsitektur, saya menyadari persimpangan antara seni dan matematika adalah komputer, jadi saya segera beralih ke desain dengan bantuan komputer,” ujar Negroponte. Menurutnya, itu yang mengubahnya sehingga berkutat dengan komputer, grafis, dan kemudian ke Lab Media.

Penelitiannya kala itu berfokus pada isu-isu desain menggunakan komputer. Negroponte lantas meraih gelar master di bidang arsitektur di MIT pada tahun 1966. Meskipun Negroponte memiliki karier akademis yang baik, sebenarnya ia memiliki disleksia dan kesulitan untuk membaca.

Meneliti Interaksi Manusia dan Komputer

Negroponte bergabung dengan MIT pada tahun 1966. Beberapa bulan kemudian ia mulai membagi waktunya untuk mengajar di MIT dan menjadi dosen tamu di Yale, Michigan, dan Universitas of California, Berkeley.

Dalam waktu setahun kemudian, pada 1967 Negroponte mendirikan Architecture Machine Group di MIT. Ini merupakan sebuah kombinasi laboratorium dan think tank yang mempelajari pendekatan baru terhadap interaksi manusia dengan komputer.

Pada 1985, bersama Jerome B Wiesner, Negroponte mendirikan Media Lab di MIT. Saat itu, Negroponte menduduki posisi direktur dan mengembangkan laboratorium tersebut ke laboratoriun sains komputer unggulan untuk media baru dan taman bermain berteknologi tinggi. Ini ia lakukan demi menyelidiki interaksi manusia dengan komputer.

Kemudian di tahun 1992, Negroponte terlibat dalam penciptaan Wired Magazine sebagai investor pertama. Dari tahun 1993 sampai 1998, ia berkontribusi menyumbangkan berbagai gagasannya.

Kumpulan tulisannya kemudian ia bukukan menjadi buku berjudul Being Digital (terbit pada 1995). Di buku tersebut, Negroponte membuat prediksi tentang bagaimana menggabungkan dunia interaktif, dunia hiburan, dan dunia informasi. Negroponte percaya bahwa komputer dapat membawa hidup manusia menjadi lebih baik. Pada akhirnya Being Digital menjadi buku terlaris dan sempat dibukukan ke dalam dua puluh bahasa.

Kemudian pada 1980, Negroponte meramalkan bahwa teknologi kabel seperti telepon akan menjadi tidak aman karena menggunakan gelombang udara dan bukan kabel serat optik.

Bill Gross (CEO of Idealab), Jim Oswald (XPRIZE), Nicholas Negroponte (Founder & Chairman of One Laptop per Child Association). [Kredit: Flickr/XPRIZE Foundation]

Memulai Inisiatif One Laptop Per Child

Sejak pertengahan tahun 2000-an, beberapa pakar teknologi di negara maju seperti Amerika mulai memikirkan bagaimana caranya untuk memperluas penyebaran perangkat komputer murah dan tahan banting ke negara berkembang di seluruh dunia.

Atas prakarsa Nicholas Negroponte-lah maka berdirilah satu yayasan sosial yang dinamakan “One Laptop per Child” (OLPC/Satu Laptop per Anak). OLPC merupakan lembaga nirlaba yang terkenal menciptakan dan mendistribusikan jutaan perangkat pendidikan berkualitas dan murah kepada anak-anak di negara berkembang.

Pada tahun 2000, Negroponte mengundurkan diri sebagai Direktur Media Lab saat Walter Bender mengambil alih sebagai Direktur Eksekutif. Namun, Negroponte tetap memegang peran sebagai Ketua Laboratorium. Ketika Frank Moss diangkat sebagai Direktur Laboratorium Media Lab pada tahun 2006, Negroponte mengundurkan diri sebagai ketua Media Lab untuk lebih fokus kepada pekerjaannya di One Laptop Per Child, yakni laptop seharga 100 dolar AS.

Pada bulan November 2005, pada Konferensi Tingkat Tinggi Dunia mengenai Masyarakat Informasi yang diadakan di Tunisia, Negroponte meluncurkan konsep komputer laptop seharga 100 dolar AS tersebut. Proyek tersebut ia namakan The Children’s Machine yang dirancang untuk siswa di negara berkembang. Namun, harganya kini mengalami peningkatan menjadi 180 dolar AS.

Negroponte adalah investor berhati malaikat dan telah berinvestasi di lebih dari 30 perusahaan startup selama 30 tahun terakhir, termasuk Zagats, Wired, Ambient Devices, Skype, dan Velti. Ia pun menduduki beberapa posisi penting, termasuk Motorola dan Velti. Dia juga menjadi salah satu dewan penasehat TTI/Vanguard.

Pada bulan Agustus 2007, ia diangkat ke sebuah komite khusus beranggotakan lima orang. Komite ini bertujuan memastikan integritas jurnalistik dan editorial yang terus berlanjut dan independensi Wall Street Journal serta publikasi dan layanan Dow Jones & Company lainnya.

Comments

comments