Uji Produk Periferal Xerox DocuMate 3220: ADF dan Flatbed

Xerox DocuMate 3220: ADF dan Flatbed

Dokumentasi dalam bentuk digital sangat diperlukan oleh perusahaan atau profesional dengan tujuan memudahkan pengorganisasian dokumen. Selain itu, perangkat scanner juga bisa menjadi salah satu solusi menggalakkan aktivitas paperless dengan mengubah segala dokumen berbentuk kertas ke bentuk digital.

Xerox DocuMate 3220 menawarkan solusi tersebut dengan menghadirkan berbagai fitur andalannya. Scanner ini menawarkan dua metode pemindaian yaitu melalui ADF dan flatbed. Memindai dari ADF akan menghasilkan proses yang lebih cepat dan praktis. Kelemahan metode ini adalah pengguna tidak bisa memindai buku atau majalah. Untuk melakukan pemindaian semacam ini, pengguna bisa memanfaatkan flatbed.

Salah satu keunggulan scanner berbasis flatbed adalah kemampuannya dalam memindai buku atau majalah. Namun kelemahannya adalah pengguna tidak bisa memindai dokumen lembaran kertas yang terpisah dalam jumlah banyak secara otomatis.

Xerox DocuMate 3220 tidak bisa bekerja secara mandiri dan membutuhkan bantuan PC desktop atau laptop karena file hasil pemindaian akan tersimpan di sana. Proses pemindaiannya sendiri membutuhan bantuan aplikasi. Aplikasi serta driver sudah tersedia dalam paket dan pengguna mesti memasangnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Dalam paketnya tersedia beberapa aplikasi pendukung di antaranya Visioner OneTouch, Nuance PaperPort, Nuance PDF Converter Pro, dan Nuance OmniPage Pro. Aplikasi OneTouch merupakan aplikasi yang mesti dipasang karena berfungsi sebagai penghubung selain untuk menjalankan fungsi scanner pada komputer.

Proses pemindaian bisa dilakukan dari aplikasi tersebut atau melalui tombol fungsi yang terdapat pada control panel. Dengan menekan tombol fungsi yang terdiri dari Simplex dan Duplex, secara otomatis file hasil pemindaian akan tampil di PC desktop atau laptop dan akan tersimpan dalam format yang telah ditentukan. Untuk mengatur resolusi atau format file, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi yang terpasang.

Control Panel
Karena tidak bisa digunakan secara mandiri, tombol pada control panel akan berfungsi setelah driver serta aplikasi pendukung terpasang pada PC desktop atau laptop.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bantuan Aplikasi
Aplikasi OneTouch memudahkan pengguna melakukan pemindaian serta menjalankan fungsi lain. Secara keseluruhan terdapat sembilan fungsi, termasuk menyunting, e-mail, fax, menyimpan ke arsip, sampai mencetak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil uji

Pengujian dilakukan dengan memindai satu halaman dokumen berbasis gambar dan teks berukuran A4 serta menyimpannya ke format PDF dan RTF. Selain itu, pengujian juga dilakukan dengan memindai satu halaman foto ukuran A4 dan menyimpannya ke format JPG.

File Format – Mode PemindaianFlatbedADF
PDF – monokrom 300 dpi (Simplex/Duplex)14 detik/-10 detik/13 detik
PDF – monokrom 600 dpi (Simplex/Duplex)44 detik/-47 detik/58 detik
PDF – warna 300 dpi (Simplex/Duplex)20 detik/-16 detik/17 detik
PDF – warna 600 dpi (Simplex/Duplex)51 detik/-50 detik/1 menit 8 detik
JPG – monokrom 300 dpi14 detik18 detik
JPG – monokrom 600 dpi46 detik47 detik
JPG – warna 300 dpi21 detik18 detik
JPG – warna 600 dpi51 detik59 detik

Plus: Ada fungsi flatbed dan ADF, tersedia aplikasi OneTouch dengan sembilan fungsi, kinerja OCR baik pada mode greyscale.

Minus: Kecepatan pindai kurang gegas, bentuk kurang ringkas.

SpesifikasiXerox DocuMate 3220
TeknologiDual CIS (flatbed/ADF)
ResolusiSampai 600 x 600 dpi
Sumber cahayaLED
Format file (OneTouch/OmniPage Pro)BMP, GIF, PNG, TIFF, JPG, PDF/TXT, RTF, DOC, CSV, XLS, HTML, sPDF, nPDF
Kecepatan scan hitam putih (@ 200 dpi)Simplex 23 ppm, duplex 46 ipm
Kecepatan scan warna (@ 150 dpi)Simplex 17 ppm, duplex 34 ipm
Ukuran dokumen maksimal (flatbed)21,5 x 29,9 cm
Ukuran dokumen minimal/maksimal (ADF)8,9 x 6,9 cm/22,2 x 96,5 cm
Kapasitas ADF50 lembar
Berat kertas (ADF)195 gr/m2
AntarmukaUSB 2.0 (USB 1.1)
Konsumsi Listrik (scanning/ready/sleeping/off)26,4/5,25/1,43/0,23 W
Dimensi/bobot45,3 x 33,0 x 13,9 cm/4,6 kg
Garansi1 tahun
Situs Webwww.xeroxscanners.com
Harga (kisaran)Rp6.249.000

Comments

comments