Berita Dari WhatsApp, Hacker Bisa Tahu Waktu Tidur Anda

Dari WhatsApp, Hacker Bisa Tahu Waktu Tidur Anda

Ilustrasi hacker whatsapp

Saat ini WhatsApp memiliki pengguna aktif sebanyak satu miliar setiap harinya dan menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi pesan sosial terpopuler di dunia.

WhatsApp pun memiliki fitur enkripsi end-to-end yang menjamin keamanan pesan terkirim dan mencegah orang lain untuk memecahkan kode pelindung serta membaca konten pesan yang dikirimkan oleh pelanggan.

Meskipun canggih dan aman, insinyur software Robert Heaton menemukan kerentanan fitur enkripsi WhatsApp yang memungkinkan orang lain mengetahui saat dua pengguna WhatsApp tengah berinteraksi satu sama lain atau sedang tertidur.

Heaton menggunakan ekstensi pada peramban Chrome untuk memonitor kontak yang sedang Online melalui WhatsApp. Heaton hanya memerlukan empat baris bahasa pemrograman Javascript untuk melakukan hal tersebut.

Dengan cara itu, Heaton dapat mengetahui saat kedua kontak saling berkomunikasi satu sama lain. Tak hanya WhatsApp, cara itu juga berlaku untuk Facebook, seperti dikutip Digital Trends.

Selain itu, Fitur “Last Seen” memungkinkan semua orang untuk mengakses informasi kapan si pengguna aktif di WhatsApp. Fitur itu bisa diatur agar hanya terlihat oleh kontak di dalam ponsel pengguna.

Meski demikian, seseorang yang awam tak pernah menyadari karena ‘Last Seen’ sudah diterapkan WhatsApp secara default di layanannya.

Menurut Heaton, eksploitasi itu mudah dikembangkan untuk skala lebih besar. Dengan begitu, oknum tertentu bisa menjual data analisis dari eksploitasi WhatsApp ke para pengiklan atau perusahaan pihak ketiga.

Mengetahui pola tidur pengguna di aplikasi pesan adalah jenis informasi yang dapat dimonetisasi oleh pengiklan online. Secara teori, kerentan itu dapat membantu para pengiklan melancarkan usaha dalam menghasilkan uang untuk seseorang.

Yang berbahaya, orang lain yang tidak memiliki keterampilan teknis tingkat tinggi mampu mengumpulkan data last seen seseorang di WhatsApp, menganalisis, dan mengetahui seperti apa pola tidurnya.

Comments

comments