Inilah Kriteria Juara TOP IT & TELCO 2017

Ajang Penghargaan TOP IT & TELCO 2017

Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat, perusahaan dan pemerintah. Implementasi dan pemanfaatan IT & TELCO juga mendorong pengelolaan manajemen dan bisnis menjadi lebih efisien, efektif, profesional, dan berdaya saing tinggi.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Itech kembali menyelenggarakan penganugerahan TOP IT & TELCO 2017 dengan mengangkat tema “Digital Business Transformation for Great Indonesia”.

M Lutfi Handayani (Ketua Penyelenggara TOP IT & TELCO 2017) mengatakan bidang TIK ini terus mengalami perkembangan yang cepat sekali baik dari sisi aplikasi software bisnis, produk hardware, dan solusi lain berbasis IT & TELCO.

“Ini merupakan penghargaan tertinggi bidang IT & TELCO di Indonesia – The Biggest of IT & TELCO Awarding In Indonesia,” katanya di Jakarta, Selasa.

Ajang penghargaan itu bertujuan untuk mendorong kalangan bisnis, institusi pemerintah, BUMN dan lembaga lain untuk senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT & TELCO dengan melakukan up dating (pemutakhiran) dalam mengembangkan inovasi dan solusi IT & TELCO.

Dari proses dan hasil Wawancara Penjurian, Dewan Juri menetapkan ada 53 perusahaan dan 25 instansi pemerintahan yang mendapatkan penghargaan TOP IT TELCO 2017. Kriteria utama dalam menentukan pemenang adalah perusahaan atau instansi pemerintahan yang berhasil dalam hal implementasi TI dan Telco di perusahaannya serta mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Sektor bisnis yang dikompetisikan dalam TOP IT & TELCO 2017 ini adalah setor usaha Bank, BPD, Multifinance, Asuransi, E-Commerce, IT & Telekomunikasi, Energi Pertambangan, Pelabuhan dan Bandar Udara, Infrastruktur, Transportasi, Agro industri, PDAM, dan Hospitality. Sedangkan kategori untuk instansi pemerintahan terdiri dari Kementerian, Lembaga/ Badan, Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kota, dan Pemerintahan Kabupaten.

Dewan Juri juga menetapkan kategori khusus yaitu implementasi TI dengan aspek lingkungan atau Go Green dan penghargaan untuk TOP Leader in IT Leadership 2017. Penghargaan TOP IT Leadership ini diberikan kepada CEO perusahaan dan Pimpinan Instansi Pemerintahan yang memiliki komitmen dan dukungan yang tinggi terhadap keberhasilan implementasi sistem IT didalam perusahaan atau instansinya.

Proses penjurian itu melibatkan sekitar 20 juri yang ahli dan kredibel dari berbagai kalangan, baik bidang IT, bisnis, dan tata kelola pemerintahan. Penilaian itu meliputi tiga tahapan, mulai dari proses penggalian informasi melalui penyebaran dan pengisian angket kuisioner ke perusahaan atau institusi yang bersangkutan, penggalian informasi dan masukan dari masyarakat / pelanggan, serta proses penggalian dan pendalaman dalam sesi wawancara dalam diskusi dan tanya jawab dengan tim dewan juri.

Jumlah Finalis tahun ini sebanyak 110 peserta, baik dari kalangan dunia usaha termasuk unsur BUMN, BUMD, instansi kepemerintahan pusat, daerah, dan unsur lainnya.

Comments

comments