Berita Jiplak Nama “Animoji”, Apple Digugat ke Pengadilan

Jiplak Nama “Animoji”, Apple Digugat ke Pengadilan

Ilustrasi fitur Apple Animoji pada iPhone X

Sebuah perusahaan asal Jepang, Emonster menggugat Apple karena iPhone X memiliki fitur terbaru Animoji yang merek dagangnya dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Padahal, Emonster telah menggunakan nama Animoji sejak 2014 dan aplikasi Animoji-nya sudah ada toko aplikasi App Store sejak tiga tahun silam. Emonster pun telah mendaftarkan “Animoji” sebagai merek dagang ke US Patent and Trademark Office (USPTO) pada 2015.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo itu mendaftarkan gugatannya di pengadilan federal Amerika Serikat. Apple sendiri sedang meninjau ulang gugatan tersebut.

Apple pun dituduh pernah menawarkan pembelian merek dagang Animoji tetapi tawaran itu ditolak dan Apple tetap bersikukuh menggunakan nama tersebut.

“Apple dengan sadar untuk mencuri nama itu (Animoji). Ini adalah kasus textbook soal pelanggaran merek dagang secara sengaja,” kata Enrique Bonansea (CEO Emonster) seperti dikutip The Verge.

Apple menggunakan nama Animoji sebagai salah satu fitur unggulan iPhone X. Dengan fitur itu, iPhone X bisa membuat emoji bergerak berdasarkan mimik dan gestur wajah pengguna.

Anehnya, fitur Animoji milik Emonster juga menampilkan fitur yang sama yaitu animasi emoji. Aplikasi itu membuat penggunanya bisa mengirimkan animasi emoji yang diputar berulang seperti sebuah animasi GIF.

Aplikasi Animoji milik Emonster dibanderol US$0,99 di iTunes.

Comments

comments