Berita Pakai Microwave, Hard Disk Ini Bakal Punya Kapasitas Hingga 40 TB

Pakai Microwave, Hard Disk Ini Bakal Punya Kapasitas Hingga 40 TB

Western Digital memamerkan HDD berkapasitas tinggi dengan teknologi microwave-assisted magnetic recording (MAMR).

Meski disaingi oleh keberadaan solid state drive (SSD), media penyimpanan berbentuk hard disk drive (HDD) selama ini populer karena menawarkan kapasitas besar dengan harga terjangkau.

Di masa depan, HDD diperkirakan masih akan digemari tidak hanya oleh konsumen, tetapi juga pelaku bisnis dan data center. Hal ini ditegaskan oleh perkembangan teknologi HDD yang mampu mengusung kapasitas lebih besar dan harga ekonomis sehingga siap digunakan menampung lonjakan big data.

Salah satu buktinya sedang digarap oleh Western Digital Corp. yang telah memamerkan HDD berkapasitas tinggi dengan teknologi microwave-assisted magnetic recording (MAMR).

Inti inovasi teknologi MAMR adalah “spin torque oscillator” yang digunakan untuk menghasilkan sebuah bidang microwave yang meningkatkan kemampuan untuk merekam data dalam kepadatan yang tinggi tanpa mengorbankan keandalannya.

Teknologi MAMR dari WD diharapkan dapat memberikan lebih dari 4 terabit-per-square seiring waktu. Dengan peningkatan terus menerus dalam kepadatan perekaman, MAMR bahkan memungkinkan adanya HDD dengan kapasitas sebesar 40 TB atau lebih di tahun 2025.

WD rencananya akan mulai mendistribusikan HDD MAMR berkapasitas tinggi pada tahun 2019 untuk digunakan di berbagai data center yang mendukung aplikasi-aplikasi big data di setiap jenis industri.

“Kemajuan yang mendasar dalam teknologi MAMR akan memungkinkan WD untuk mengatasi kebutuhan penyimpanan yang besar di masa depan dengan mendefinisikan kembali potensi kepadatan HDD dan memperkenalkan kelas baru dari HDD berkapasitas tinggi nan andal,” kata Mike Cordano (President and COO, Western Digital).

Demonstrasi teknologi MAMR merupakan pencapaian terbaru WD setelah pekan lalu meluncurkan hard disk kelas enterprise berkapasitas 14 TB dengan teknologi host-managed shingled magnetic recording (SMR) pertama di dunia.

Comments

comments