Uji Produk Periferal Casio XJ-F20XN: Ramah Lingkungan

Casio XJ-F20XN: Ramah Lingkungan

Casio menghadirkan proyektor hibrida melalui seri XJ-F20XN. Sebagai bagian dari seri Advanced, teknologi hibrida yang digunakannya memiliki berbagai keunggulan seperti konsumsi daya yang lebih rendah serta ramah lingkungan. Ini disebabkan penggunaan teknologi laser dan LED yang berfungsi menggantikan lampu konvensional.

Jika proyektor konvensional menggunakan lampu yang memiliki ketahanan sampai 2.000 jam, teknologi hibrida mampu bertahan sampai 20.000 jam. Teknologi ini juga mampu menghemat sebesar lima puluh persen lebih irit. Proyektor konvensional biasanya menggunakan daya lebih dari 300 watt, sedangkan Casio XJ-F20XN menggunakan daya kurang dari 200 watt.

Dari sisi spesifikasi, proyektor ini memiliki resolusi gambar 1.024 x 768 pixel. Dengan teknologi Intelligent Light Control yang mampu menyesuaikan proyektor dengan kondisi pencahayaan ruangan, proyektor ini tetap mampu menampilkan gambar dengan jelas meski berada dalam ruangan bercahaya terang. Karena bukan ditujukan untuk penggunaan multimedia, terdapat pilihan aspect ratio 4:3 saja.

Guna memudahkan Anda melakukan presentasi, tersedia port USB yang berguna untuk menampilkan konten langsung dari USB flash disk. Anda bisa menampilkan konten berbasis gambar berformat JPEG, PNG, GIF, serta BMP. Untuk file berbasis video, format yang didukung adalah AVI, MOV, dan MP4. File berekstensi PDF juga bisa ditampilkan secara langsung.

Uniknya lagi, proyektor ini memiliki memori internal yang secara keseluruhan berkapasitas dua gigabyte. Anda juga bisa menyimpan konten presentasi pada media simpan ini dan langsung menjalankannya. Hal tersebut membuat Casio XJ-F20XN praktis digunakan tanpa bantuan PC desktop, laptop, atau media simpan lainnya. Namun, untuk memindahkan konten tersebut ke proyektor dibutuhkan PC desktop atau laptop menggunakan aplikasi file explorer.

Konektivitas
Meski hanya menyasar aktivitas yang lebih sederhana, seri ini tetap menghadirkan port yang cukup lengkap. Contohnya, koneksi digital yang diwakili oleh dua port HDMI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

File Viewer
Tampilan aplikasi File Viewer memudahkan Anda menjalankan konten yang tersimpan di memori internal maupun dari USB flash disk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PLUS: Teknologi hibrida yang lebih irit daya serta ramah lingkungan, tersedia memori internal sebesar dua gigabyte, ada teknologi Intelligent Light Control, konektivitas lengkap.

MINUS: Bentuk besar, harga tinggi.

SpesifikasiCasio XJ-F20XN
TeknologiDLP
Resolusi (native)1.024 x 768 pixel (XGA)
Aspect ratio4:3
Zoom ratio1,5x manual zoom dan focus
Tingkat kecerahan3.300 ANSI lumen
Contrast ratio20.000:1
Ukuran diagonal layar30ʺ - 300ʺ
Projection ratio(1,66 - 2,42):1
Keystone correctionVertical (manual): +/- 30°, vertical (automatic): + 30°
KoneksiD-Sub 15 pin, HDMI (2), S-Video (Composite), Audio In, Audio Out, Mic In, USB Standard-A, USB Micro-B (2), RJ45, RS232C (Control)
Daya listrik (Light Control on/Light Control off/standby)80 W - 160 W/170 W - 195 W/0,23 W
Audio16 W (monaural)
Dimensi (plt)29,9 x 9,7
Bobot2,85 kg
Situswww.casio.com
Garansi (proyektor/lampu)3 tahun (sparepart & service)/2 tahun atau 6.000 jam
Harga (kisaran)/unit)Rp18.600.000

Comments

comments