Uji Produk Periferal TP-Link HS100: Remote Access

TP-Link HS100: Remote Access

TP-Link telah merilis beberapa varian produk untuk solusi perangkat smart home. Salah satunya adalah smart plug HS100 yang kami uji kali ini. Smart plug ini memiliki dimensi yang masih terbilang cukup ringkas. Untuk menggunakannya, pastikan perangkat ini tidak akan mengganggu “colokan” lain yang ada di sebelahnya.

Smart plug TP-Link HS100 beroperasi dengan menggunakan jaringan nirkabel. Koneksi jaringan yang didukungnya hanya satu pita saja, yaitu pita 2,4 GHz. Koneksi jaringannya mendukung standar 802.11b/g/n.

Untuk menggunakan smart plug ini, TP-Link telah menyediakan aplikasi yang disebut dengan Kasa. Aplikasi tersebut tersedia untuk Android serta iOS. Aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengendalikan smart plug HS100, melainkan juga mengendalikan perangkat-perangkat lainnya yang masuk dalam lini smart home dari TP-Link.

Agar bisa menggunakannya, Anda perlu menghubungkan aplikasi Kasa tersebut dengan perangkat smart plug. Aplikasi Kasa akan menuntun Anda melakukan konfigurasi awal, mulai dari menekan tombol konfigurasi yang ada di badan HS100 (untuk menghubungkannya ke jaringan), sampai melakukan beberapa konfigurasi lainnya.

Melalui aplikasi Kasa ini, Anda bisa mengontrol beberapa fungsi yang dimiliki oleh TP-Link HS100. Misalnya, Anda bisa melakukan remote access. Anda bisa menghidupkan dan mematikan perangkat yang terpasang ke smart plug ini sekalipun Anda sedang tidak berada di tempat. Lalu, Anda juga bisa menentukan jadwal hidup dan matinya perangkat secara otomatis.

Tersedia juga fitur Away Mode yang bisa menghidupkan dan mematikan perangkat secara periodik. Tujuannya, jika Anda meninggalkan rumah atau ruangan dalam keadaan kosong, fitur ini bisa memberikan kesan bahwa ada orang di dalamnya sehingga mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Sebagai tambahan, TP-Link HS100 pun sebenarnya kompatibel dengan Echo, sebuah perangkat asisten digital dari Amazon. Melalui Amazon Echo, Anda bisa mengontrol perangkat yang terhubung pada smart plug ini. Namun, sepertinya fitur ini sulit untuk dimanfaatkan di Indonesia, mengingat Amazon Echo belum tersedia secara resmi di sini.

Saat kami coba, proses konfigurasi smart plug ini dengan aplikasi Kasa berjalan dengan cukup lancar. Oh ya, untuk memaksimalkan penggunaannya, Anda perlu membuat akun TP-Link Cloud. Beberapa fitur pada aplikasi Kasa baru bisa digunakan setelah Anda menggunakan akun tersebut. Contohnya, remote access dan koneksi ke Amazon Echo.

Dimensi TP-Link HS100 ini terbilang cukup ringkas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aplikasi Kasa dari TP-Link menyediakan beberapa fitur untuk smart plug ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Plus: Fitur menarik, penggunaan mudah, dimensi cukup ringkas.

Minus: Tanpa penghitung konsumsi daya, tanpa overheat protection, hanya mendukung Amazon Echo.

SpesifikasiTP-Link HS100
Koneksi2,4 GHz 802.11b/g/n
FiturSmart Remote Control, Push notification, Away Mode, Power scheduling
Garansi1 tahun
Situs webwww.tplink.com
Harga (kisaran)*Rp400.000

Comments

comments