Berita Apa saja Fitur-fitur Canggih Aplikasi Edit Video Facebook Creator?

Apa saja Fitur-fitur Canggih Aplikasi Edit Video Facebook Creator?

Ilustrasi Facebook Creator

Facebook mulai merubah haluan bisnisnya dengan fokus meningkatkan konten-konten video. Karena itu, Facebook meluncurkan aplikasi Creator yang akan memanjakan para kreator konten video dalam membuat konten videonya.

Sebelumnya, aplikasi itu hanya tersedia untuk akun terverifikasi, seperti jurnalis, selebritis, atau influencer. Saat ini Facebook Creator baru tersedia untuk platform iOS dan akan segera menyusul menyambangi Android.

Aplikasi itu menawarkan beberapa fungsi mengedit video dan memungkinkan para kreator berkreasi untuk membuat konten video yang siap tayang ke Facebook. Melalui aplikasi itu, para kreator juga dapat memantau aktivitas termasuk keterlibatan follower soal konten videonya.

“Kreator dapat menggunakan fitur filter atau efek wajah lainnya yang sudah tersedia dalam aplikasi ini,” tulis Facebook seperti dikutip CNET.

Dari sisi bisnis, Facebook melihat jumlah penonton video-nya sangat besar. Facebook juga telah menerapkan iklan di dalam video yang diunggah ke Creator. Berbeda dari layanan lain, iklan akan tayang setelah video diputar.

Hal itu merupakan upaya media sosial untuk monetisasi layanannya. Rencananya, Facebook akan memberikan sekitar 55 persen dari pendapatan iklan di video ke mitra atau perusahaan-perusahaan. Melalui kebijakan itu, perusahaan yang menjadi mitra Facebook dapat menghasilkan uang dari video dalam layanannya

“Kami terus mengumpulkan masukan dari pembuat konten karena kami sedang mengembangkannya. Kami akan terus menerima saran dari komunitas agar Facebook jadi lebih nyaman, sehingga mereka dapat membuat video sebaik mungkin,” tulis Fidji Simo (VP Product Facebook).

Perbedaan dengan YouTube

Lantas, apa beda Facebook Creator dengan YouTube? Setidaknya ada tiga fitur yang membuat Creator berbeda dari YouTube.

Pertama, Live Creator Kit. Pengguna dapat mengunggah intro seperti lagu latar dan sambutan yang sebelumnya telah disediakan. Pengguna Facebook juga dapat melakukan siaran langsung dan membagikan video mereka tanpa harus mengedit video terlebih dahulu.

Kedua, Facebook Creator memiliki kotak masuk terpadu (unified inbox) yang memungkinkan pemirsa mengirimkan pesan bersifat privat kepada pencipta video.

Selain itu, kreator video juga dapat memoderasi kolom komentar mereka dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Hal itu pemilik kanal dapat menghapus komentar kasar di video mereka tanpa harus berpindah ke media sosial lain.

Ketiga, akses facebook Camera dan berbagi Stories. Pengguna dapat melakukan cross-posting Stories ke aplikasi lain seperti Instagram dan Twitter. Aplikasi itu juga memiliki fitur Analitycs untuk melihat demografi penggemar.

Sayangnya, Facebook tidak menambahkan fitur Subscribe sehingga akan berdampak pada monetisasi dan pendapatan para kreator video.

Comments

comments