Berita AwanTunai Dukung Kemandirian Finansial bagi Sektor Unbanked dan Underbanked Indonesia

AwanTunai Dukung Kemandirian Finansial bagi Sektor Unbanked dan Underbanked Indonesia

Berdasarkan data World Bank, sekitar 60% masyarakat Indonesia usia dewasa dikategorikan unbanked (orang yang tidak mengakses institusi keuangan formal) dan underbanked (orang yang memiliki sejumlah keterbatasan untuk mengakses institusi keuangan formal). Hanya 12% masyarakat dengan akses keuangan yang memiliki pinjaman formal.

Padahal mereka membutuhkan fasilitas keuangan untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup hingga meningkatkan taraf hidup, sehingga banyak yang pada akhirnya meminjam pada jasa keuangan informal dengan bunga yang kurang bersahabat.

Namun, berkebalikan dari inklusi keuangan yang belum maksimal, penetrasi internet bertumbuh lebih dari 50% dalam waktu dua tahun. Hingga tahun 2016, sekitar 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet, dimana setengah dari penggunaan internet diakses melalui device.

“Memahami kondisi yang ada, AwanTunai hadir dengan menawarkan fasilitas pinjaman digital yang dapat diakses oleh semua orang dengan mudah, cepat dan tentunya aman,” kata Dino Setiawan, Founder sekaligus Chief Executive Officer AwanTunai.

“Mudah karena hanya membutuhkan KTP saja dan cepat karena AwanTunai memiliki credit engine sendiri sehingga calon debitur bisa mengetahui persetujuan limit kredit dalam waktu lima belas menit,” lanjutnya.

Sebagai perusahaan fintech yang beroperasi sejak Mei 2017, AwanTunai telah terverifikasi dan diawasi oleh OJK. Dalam segi investasi AwanTunai telah mendapatkan komitmen pendanaan dari Kredit Plus (PT Finansia Multi Finance) sebesar $30 juta untuk membiayai pinjaman (lending capital) dan mendukung pertumbuhan bisnis AwanTunai.

Saat ini, AwanTunai telah bekerjasama dengan Blue Bird Group dengan menyediakan program cicilan smartphone untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan para pengemudi.

Selain itu, AwanTunai juga melakukan kerjasama dengan beberapa toko offline yang menjual smartphone dengan tujuan menjadi point of sales financing yang aman, cepat dan mudah.

Comments

comments