Berita Baru Setengah Hari, Alibaba Sukses Cetak Rekor Transaksi Rp244 Triliun

Baru Setengah Hari, Alibaba Sukses Cetak Rekor Transaksi Rp244 Triliun

Alibaba Single Day

Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba mencetak rekor penjualan senilai US$18 miliar atau sekitar Rp244 triliun dalam ajang Single Day selama sekitar 13 jam. Rekor itu mengalahkan pencapaian transaksi tahun lalu senilai US$ 17,8 miliar atau sekitar Rp241 triliun selama 24 jam penuh.

Alibaba sukses mengumpulkan keuntungan dari ajang festival belanja Single Day atau ‘Hari Jomblo’ di Tiongkok dan Alibaba sendiri mulai meramaikan perayaan pada 2009. Ajang itu menyuguhkan 140.000 merek ternama dan 15 juta produk berkualitas, termasuk produk Indonesia.

Dalam ajang itu, Alibaba sukses memancing brand internasional untuk masuk ke platform-nya, menyusul ada Lebih dari 40 persen merek yang berasal dari luar Tiongkok dan ikut meramaikan ajang Single Day pada tahun ini.

“Pemain lokal di Asia Tenggara seperti Lazada (anak perusahaan Alibaba), Zalora, dan Shopee juga meluncurkan promosi Single Day sendiri pada tahun ini,” kata Xiaofeng Wang (Analis dari Perusahaan Riset Forrester) seperti dikutip CNBC.

Tahun ini, Alibaba meramaikan festival itu dengan mendatangkan sejumlah selebritas internasional papan atas, seperti Pharrel Williams, Nicole Kidman, Maria Sharapova, Jessie J, dan lainnya.

Dalam ajang itu, platform pembayaran Alibaba Alipay sukses mencatatkan total transaksi GMV (Gross Merchandise Volume) dalam dua menit dan satu detik pertama berhasil mencatatkan transaksi senilai USD1 milliar atau Sekitar Rp13,5 triliun.

Alibaba Cloud juga memproses sebanyak 325.000 pesanan perdetik dan Alipay memproses sebanyak 256.000 transaksi pembayaran perdetik.

Dalam satu jam pertama, lebih dari 60 merek menghasilkan penjualan lebih dari US$15,1 juta atau sekitar Rp204 miliar, termasuk brand internasional seperti Apple, Estée Lauder, Gap, L’Oreal, Nike, Samsung, Uniqlo, Zara, dan lainnya.

Comments

comments