Berita Cukup Pakai Topeng, Face ID iPhone X Bisa Dibobol

Cukup Pakai Topeng, Face ID iPhone X Bisa Dibobol

Ilustrasi topeng pembobol Face ID

Apple menawarkan teknologi keamanan terbaru pengenal wajah Face ID untuk iPhone X. Apple mengklaim teknologi Face ID jauh lebih aman daripada pemindai sidik jari karena teknologi Face ID menggunakan mesin saraf untuk memetakan kontur dan bentuk wajah secara real time atau saat itu juga.

Hebatnya, Face ID tidak akan terganggu oleh bentuk rambut, pemakaian aksesoris seperti topi dan tumbuhnya jenggot, bahkan bisa tetap mendeteksi dalam keadaan gelap.

Apple meyakinkan bahwa kesempatan untuk mencurangi sistem Face ID hanya satu berbanding satu juta, lebih kecil dibanding Touch ID yang kesempatannya satu banding 50.000.

Namun, perusahaan keamanan Bkav mampu menipu Face ID hanya bermodalkan topeng karena Bkav sudah tahu cara kerja kecerdasan buatan (AI) Face ID.

Topeng itu menggunakan bahan material yang berbeda di setiap bagiannya seperti bahan silikon untuk hidung dan bagian lainnya cukup menggunakan plastik 3D printing.

“Topeng ini mengkombinasikan 3D printing dengan make up dan gambar dua dimensi. Kemudian, kulit bagian pipi dan seputar wajah dibuat tebal untuk menipu AI Face ID,” tulis Ngo Tuan Anh (VP Cyber Security Bkav) seperti dikutip Phone Arena.

Biaya pembuatan topengnya pun cukup murah hanya USD150 atau sekitar Rp2 jutaan.

Bkav pun mengkritik Apple yang menggunakan metode pengenalan wajah untuk keamanan iPhone X karena sistem keamanan pemindai sidik jari masih jauh lebih baik dan aman untuk melindungi smartphone.

“Topeng ini bisa saja dipakai untuk mencuri rahasia personal dari pemimpin politik, bos perusahaan besar dan miliuner,” ujarnya.

Namun, para pengguna iPhone X tidak perlu khawatir mengingat proses untuk menembus fitur Face ID memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Comments

comments