Berita Google Luncurkan Fitur Penghemat Baterai untuk Android Oreo

Google Luncurkan Fitur Penghemat Baterai untuk Android Oreo

Google meluncurkan pembaruan Android versi 8.1 Oreo dengan sejumlah fitur-fitur terbaru seperti wakelock detector untuk memperpanjang usia baterai smartphone dan memantau aplikasi untuk mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep.

Fitur wakelock detector akan memilih aplikasi yang menguras daya baterai dengan cara mencegah perangkat beralih ke mode deep sleep. Fitur itu akan menonaktifkan sementara aplikasi seperti media sosial, jaringan WiFi, dan data seluler selama mode deep sleep.

Fitur wakelock detector dapat memberitahu pengguna tentang aplikasi apa saja yang boros daya seperti dikutip Phone Arena.

Anda dapat menemukan fitur Wakelock detector di menu informasi baterai yang berada di Setting atau pengaturan. Disana, Anda pun dapat melihat kinerja aplikasi yang mencurigakan dan mudah teridentifikasi dengan peringatan ikon baterai bewarna merah.

Dengan fitur itu, pengguna bisa memutuskan untuk menghentikan paksa kinerja aplikasi atau ‘melumpuhkan’ (disable) layanan pendukung yang sedang digunakan seperti GPS yang berbasis lokasi.

Selama ini, hampir sebagian besar pengguna Android mengakali penghematan daya baterai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi aplikasi yang boros daya baterai.

Comments

comments