Berita Besok, Mozilla akan Rilis Firefox Super Cepat

Besok, Mozilla akan Rilis Firefox Super Cepat

Mozilla secara resmi mengumumkan akan merilis Firefox terbaru pada tanggal 14 November 2017. Dinamakan Firefox Quantum, browser ini berbeda dengan pembaruan yang selama ini terjadi di Firefox. Mozilla melakukan perombakan besar-besaran di Quantum ini, termasuk menggunakan CSS Engine baru yang dibuat dengan bahasa pemograman milik sendiri, Rust.

Mesin CSS baru ini bisa diproses secara paralel di semua core prosesor; satu hal yang tidak bisa dilakukan browser lain. Mengingat saat ini nyaris semua komputer dan smartphone menggunakan prosesor multicore, Firefox Quantum diklaim dua kali lebih cepat dibanding Firefox generasi sebelumnya.

Selain cepat, Firefox Quantum juga diklaim lebih ringan. Salah satu sebabnya adalah Firefox Quantum menggunakan sistem prioritas tab yang lebih cerdas, sehingga tab browser yang paling sering dibuka akan mendapat prioritas di memori. Hal ini membuat Firefox Quantum diklaim 30% lebih ringan dibanding Google Chrome.

Dalam video di bawah ini, bisa dilihat kecepatan Firefox Quantum dibanding Google Chrome saat membuka 10 situs paling populer di dunia. Meski tidak menang di semua kategori, Firefox lebih cepat saat membuka Yelp, Ask Search, dan Google Search.

Selain pembaruan di sisi engine, Firefox Quantum juga akan memiliki tampilan yang lebih minimalis. Tersedia shortcut ke menu yang sering Anda akses, seperti bookmarks, history, dan download. Firefox Quantum juga dilengkapi fasilitas screen capture terintegrasi, baik untuk seluruh tampilan situs maupun sebagian.

Jika penasaran dengan Firefox Quantum ini, Anda bisa mendaftarkan email Anda di sini untuk mendapatkan link unduhan besok. Namun jika tidak sabaran, Anda bisa menjajal versi betanya di sini, yang tersedia dalam versi desktop (Mac, Linux, Windows), Android, dan iOS.

Comments

comments