Fitur Berapa Cepat Menjadi Ranking Tertinggi di Google Search?

Berapa Cepat Menjadi Ranking Tertinggi di Google Search?

Setiap situs ingin kontennya berada di urutan pertama Google Search. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Pertanyaan ini memang agak sulit dijawab, mengingat banyak faktor yang menentukan. Contohnya Domain Rating (DR) alias seberapa tinggi rating sebuah situs di mata Google. Rating itu sendiri dihitung berdasarkan seberapa lama situs tersebut telah hadir, seberapa sering kontennya dibagi, dan lain sebagainya. Belum lagi jika menghitung seberapa besar kompetisi untuk sebuah kata kunci atau keyword.

Meski banyak faktor yang harus dihitung, perusahaan digital marketing Website Group dan Ahrefs, mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Mereka mempersempit kemungkinan dengan menghitung umur artikel yang berada di urutan sepuluh besar di Google Search. Penelitian sendiri melibatkan dua juta kata kunci yang dipilih secara acak.

Berikut adalah beberapa temuan penting dari penelitian tersebut.

  • Konten yang berada di urutan pertama rata-rata berusia lebih dari tiga tahun. Sedangkan jika melihat 10 besar, rata-rata usianya lebih dari dua tahun.
  • Hanya 22% konten yang memiliki usia di bawah satu tahun. Dengan kata lain, konten tertinggi di Google Search didominasi konten “lawas”.

Penelitian tersebut juga mencoba melihat seberapa lama sebuah konten bisa masuk ke ranking Google. Caranya dengan melihat rangking dari dua juta halaman yang dipilih secara acak lalu melihat performanya setelah satu tahun. Temuannya adalah:

  • Hanya 5,7% konten yang berusia satu tahun bisa menembus 10 besar. Untuk sisanya, 19,5% berada di urutan 10-100, sementara 74,8% berada di luar 100 besar.
  • Dari 5,7% konten yang berhasil masuk 10 besar dalam waktu satu tahun, mayoritas membutuhkan waktu antara 61-121 hari.
  • Konten dari situs yang memiliki DR atau Domain Rating yang tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk masih ke 10 besar, yaitu 10,8%. Jika DR-nya masih kecil, kemungkinan masuk ke 10 besar pun semakin kecil, yaitu 3%.

Akan tetapi, jika konten berumur satu tahun tersebut disandingkan dengan kualitas keyword, angkanya akan jauh lebih kompetitif.

  • Untuk keyword populer (pencarian di atas 50 ribu kali/bulan), hanya 0,3% konten berusia setahun yang bisa masuk 10 besar. Sebesar 97,2% tidak masuk 100 besar sama sekali
  • Untuk keyword kurang populer (pencarian di bawah 1000 kali/bulan), persentase konten yang bisa masuk adalah 10 besar relatif lebih besar, yaitu 4,8%. Sementara 18,1% masuk ke posisi 10-100 besar.

Penelitian di atas memang tidak serta-merta menjawab pertanyaan besar mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi nomor satu di Google Search. Namun penelitian ini setidaknya memberi beberapa petunjuk penting.

Contohnya bagaimana pentingnya meningkatkan Domain Rangking sehingga Google lebih “menganggap” konten yang Anda buat. Hal lain adalah bagaimana kian kompetitifnya mendapatkan rangking bagus di Google Search.

Comments

comments