Uji Produk Smartphone Asus Zenfone 3 Max (ZC553KL): Baterai Besar Plus Fingerprint

Asus Zenfone 3 Max (ZC553KL): Baterai Besar Plus Fingerprint

Setelah sebelumnya merilis smartphone dengan nama yang sama, kini Asus kembali menghadirkan Asus Zenfone 3 Max. Namun jika sebelumnya memakai seri ZC550TL, versi terbaru ini menggunakan seri ZC553KL. Apa bedanya?

Ternyata banyak perbedaan yang hadir. Di antaranya ukuran dan resolusi layar, penggunaan SoC, dan kamera. Pada seri Max ini, baterai yang digunakannya ternyata sedikit lebih kecil sekitar 30 mAh dibanding ZC550TL. Selain itu, spesifikasi yang digunakan ZC553KL sedikit lebih baik.

Karena seri ini menggunggulkan kemampuan baterai, meski kapasitas baterainya sedikit lebih kecil, daya tahan baterai ZC553KL diklaim lebih tangguh. Ini dikarenakan manajemen daya yang dimiliki Snapdragon 430 yang lebih efisien dibanding SoC sebelumnya yaitu MediaTek MT6737M.

Menariknya, baterai 4.100 mAh pada ZenFone 3 Max dapat digunakan juga sebagai “power bank” untuk mengisi daya smartphone lain. Anda tinggal menghubungkan perangkat tersebut menggunakan kabel OTG yang sudah tersedia pada paketnya. Jika kapasitas baterai Zenfone 3 Max sudah mencapai tiga puluh persen, secara otomatis proses pengisian daya akan terhenti.

Guna melihat ketangguhannya, kami menguji menggunakan PCMark for Android yang mensimulasikan pengunaan aplikasi umum yang dijalankan sampai energi baterai menipis. Hasilnya, baterai mampu bertahan sampai 7 jam 44 menit. Tidak hanya itu. Kami pun mencoba menjalankan aktivitas keseharian dengan kondisi mobile data diaktifkan. Hasilnya, baterainya mampu bertahan mulai dari jam sembilan pagi sampai sore hari.

Tidak hanya baterai, banyak daya tarik yang dihadirkannya. Seri ini terlihat lebih dinamis dan menarik dengan desain unibody yang memiliki finishing metal. Rasio screen to body sekitar 72% membuat layarnya terlihat lapang. Tidak ketinggalan, dukungan resolusi full HD serta desain 2.5D menjadi andalan smartphone kelas menengah ini.

Bersenjatakan SoC Snapdragon 430, smartphone ini memang menawarkan kinerja yang sudah cukup untuk menjalankan beragam aplikasi yang ada di Play Store. Dikombinasikan dengan memori utama berkapasitas tiga gigabyte, sistem berjalan lancar. Dengan user interface ZenUI, pergerakan menu cukup lancar dan ringan saat digunakan.

Dalam hal kamera, Zenfone 3 Max masih mengandalkan teknologi PixelMaster. Terdapat beberapa fitur kamera yang dapat Anda manfaatkan, mulai dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Low Light, QR code, Night, Effect, Selfie, Panorama, dan Time Lapse. Sementara untuk merekam video, Anda bisa merekam video berformat full HD 1.920 x 1.080 pixel dengan 30 frame per detik. Saat merekam dengan kamera belakang, Anda diberi pilihan untuk bisa mengaktifkan image stabilizer untuk mengurangi guncangan.

Sensor Sidik Jari
Sensor sidik jari ini mampu menyimpan dan mengenali sampai lima sidik jari berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sensor Laser
Di atas sensor sidik jari terdapat modul kamera yang diapit oleh sensor laser dan dual tone LED flash.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengaturan Kamera
Kamera menggunakan UI PixelMaster 3.0 yang menyediakan pengaturan seperti Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Low Light, QR code, Night, Effect, Selfie, Panorama, dan Time Lapse.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selot Hibrida
Smartphone ini mendukung dua jenis kartu yaitu micro dan nano. Selain itu, selot kedua bisa digunakan bergantian dengan kartu micro-SD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Uji
Pengujian menggunakan AnTuTu serta PCMark menunjukkan kinerja yang baik untuk sebuah smartphone bersenjatakan Snapdragon 430.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil uji

PengujianAsus Zenfone 3 Max (ZC553KL)
AnTuTu Benchmark 6.2.042753
PCMark – Work Performance4864
3Dmark - Ice Storm9059
3Dmark - Ice Storm Extreme5570
3Dmark - Ice Storm Unlimited9498
GeekBench 4 - Single Core637
GeekBench 4 - Multi Core1797

PLUS: Desain keren, kapasitas baterai besar, ada fitur fingerprint, kamera bagus, bisa berfungsi sebagai power bank.

MINUS: Tanpa fast charging, tanpa Wi-Fi ac.

SpesifikasiAsus Zenfone 3 Max
ProsesorQualcomm MSM8937 Snapdragon 430 (octa core Cortex-A53 sampai 1,4 GHz)
RAM3 GB
Chip grafisAdreno 505
Kapasitas simpan internal32 GB
Selot SIMDual SIM (micro dan nano yang hibrida)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, radio FM, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB OTG
KameraBelakang: 16 MP, f/2.0, laser autofocus, dual LED flash, video 1080p /Depan: 8 MP, f/2.2, video 1080p
Layar5,5ʺ IPS LCD 1.920 x 1.080 pixel @ 401 ppi, oleophobic coating
Kapasitas bateraiLi-ion 4.100 mAh
Dimensi/bobot15,14 x 7,62 x 0,83 cm/175 gr
Sistem operasiAndroid 6.0.1 Marshmallow (ASUS ZenUI 3.0)
KelengkapanBundling Telkomsel, adapter, kabel OTG, kabel data USB, SIM ejector, buku manual, kartu garansi
Situswww.asus.com/id
Garansi1 tahun
HargaRp3.099.000

Comments

comments