Uji Produk Periferal D-Link DAP-2660 AC1200: untuk Kelas Bisnis

D-Link DAP-2660 AC1200: untuk Kelas Bisnis

Di tahun 2017 ini, tampaknya D-Link cukup serius untuk menggarap pasar perangkat jaringan di kelas bisnis. Salah satu produk yang baru saja diluncurkan adalah sebuah access point DAP-2660 yang kami uji kali ini.

D-Link DAP-2660 ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Access point tersebut juga dibuat untuk dipasang di dinding maupun plafon. Penampilannya juga terbilang minimalis sehingga tak terlalu menarik perhatian. Hanya ada satu lampu indikator yang terlihat. Itu pun juga bisa dimatikan jika diinginkan.

Access point ini memiliki dukungan koneksi nirkabel pita ganda, 2,4 GHz dan 5 GHz. Selain itu, D-Link DAP-2660 juga telah mendukung konektivitas 802.11ac pada pita 5 GHz untuk menghasilkan koneksi berkecepatan tinggi. Secara teoritis, D-Link DAP-2660 ini memiliki kecepatan maksimal sebesar 300 Mbps pada pita 2,4 GHz dan 867 Mbps pada pita 5 GHz. Di dalam bodinya, terdapat empat buah antena internal, dua untuk pita 2,4 GHz dan dua lagi untuk 5 GHz.

Sementara untuk koneksi menggunakan kabel, access point ini memunyai satu buah port LAN RJ45 yang telah mendukung koneksi gigabit. Port tersebut juga telah mendukung power over ethernet (PoE).

Ditujukan untuk kelas bisnis, D-Link DAP-2660 menyediakan beragam pengaturan. Access point ini mendukung sampai delapan buah SSID virtual di setiap radionya. Selain itu, tersedia juga opsi untuk mengatur captive portal, VLAN, traffic control, serta masih banyak pengaturan lainnya. Access point ini juga kompatibel dengan D-Link Central WiFiManager.

Tampilan panel kontrolnya sebenarnya cukup sederhana dan mudah digunakan. Namun, setiap Anda mengubah pengaturan, perubahan tersebut tidak langsung aktif sekalipun Anda telah menekan tombol “Save”. Untuk mengaktifkan perubahan tersebut, Anda perlu menyimpan pengaturan melalui menu Configuration di deretan atas. Setelah itu, access point ini akan melakukan restart dan pengaturan akan aktif.

Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu terlalu sering melakukan restart setiap kali mengubah pengaturan. Namun, pastikan Anda tidak lupa mengaktifkan perubahan tersebut setiap kali Anda mengatur ulang konfigurasinya.

D-Link DAP-2660 ini memiliki kinerja yang cukup baik pada pita 5 GHz dengan kecepatan rata-rata sekitar 420 Mbps. Sementara kinerjanya pada 2,4 GHz tergolong biasa saja. Namun untungnya, kecepatan yang dihasilkan tersebut cukup konsisten.

Access point ini memiliki koneksi pita ganda dan dukungan standar nirkabel 802.11ac.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Opsi yang tersedia pada panel kontrolnya terbilang lengkap.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Plus: Dimensi ringkas, fitur cukup lengkap, koneksi 802.11ac, ada software manajemen.

Minus: Panel kontrol sedikit membingungkan.

SpesifikasiD-Link DAP-2660
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor1 x LAN 1 Gbps (dukung PoE)
Kecepatan300 Mbps + 867 Mbps
FiturMAC address filter, Multiple SSID, VLAN, Management software (CWM-100)
KelengkapanPower adapter, Manual
Situswww.dlink.co.id
Harga (kisaran)Rp4.044.000

Comments

comments