Uji Produk Periferal vCloudPoint S100: Zero Client Ringkas dan Mudah

vCloudPoint S100: Zero Client Ringkas dan Mudah

vCloudPoint S100 ini adalah sebuah perangkat zero client dari Shenzhen Cloudpoint Technology yang berasal dari Tiongkok. Perangkat ini memiliki dimensi yang sangat ringkas. Dengan ukuran sekitar 12,4 x 7,5 x 2,6 cm serta dukungan terhadap dudukan VESA, vCloudPoint S100 sangat hemat tempat karena bisa diletakkan di belakang monitor. Perangkat ini juga menggunakan material plastik di seluruh bagiannya sehingga sangat ringan.

Pada bodinya terdapat 4 buah port USB 2.0, 2 di depan bersebelahan dengan tombol power, dan 2 lagi di bagian belakang. Port USB 2.0 ini digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse, serta media simpan USB.

Selain itu, ada satu port D-Sub 15 pin untuk keluaran ke monitor yang bersebelahan dengan sebuah port LAN 100 Mbps. Sayangnya, vCloudPoint S100 ini tidak menyediakan pilihan keluaran lain seperti port HDMI sehingga Anda hanya bisa menggunakan monitor dengan masukan analog. Oh ya, keluaran ini mendukung resolusi maksimal sampai 1.920 x 1.080 pixel.

vCloudPoint S100 menjanjikan proses konfigurasi yang mudah. Pada komputer yang akan dijadikan server, pengguna hanya perlu melakukan instalasi aplikasi vMatrix Server Manager serta melakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan Remote Desktop Protocol (RDP). Tujuannya agar komputer bisa menerima koneksi lebih dari satu pengguna sekaligus. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat username baru, serta beberapa pengaturan lainnya.

Jumlah spesifikasi minimal serta rekomendasi pengguna maksimal telah diberikan oleh vCloudPoint. Kami pun mencoba menjalankan beberapa aplikasi yang lazim digunakan. Server yang kami manfaatkan adalah sebuah komputer berprosesor Intel Core i5 dengan RAM 16 GB. Komputer ini disambungkan ke dua unit vCloudPoint S100 yang terhubung bersamaan.

Hasilnya, untuk aktivitas pekerjaan ringan seperti mengetik dokumen, browsing, dan menonton video full HD, semuanya bisa dijalankan dengan lancar tanpa adanya penurunan kinerja. Penurunan kinerja baru terasa apabila kedua vCloudPoint S100 tersebut melakukan pekerjaan intensif yang membutuhkan sumber daya lebih besar seperti menyunting video. Penurunan kinerja yang terjadi bisa mencapai sekitar 40 sampai 50 persen saat keduanya melakukan encoding video secara bersamaan.

vMatrix Server Manager dipasang di komputer yang dijadikan server dan digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengguna bisa langsung menggunakan vCloudPoint ini dengan login menggunakan username yang telah dibuat sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Plus: Ringkas, penggunaan mudah

Minus: Tanpa port HDMI

SpesifikasivCloudPoint S100
Konektor4 x USB 2.0, 1 x D-Sub 15 pin, 1 x LAN 100 Mbps, 1 x 3,5 mm Audio Out, 1 x 3,5 mm Audio In
Dimensi12,4 x 7,5 x 2,6 cm
Bobot125 gr
KelengkapanPower adapter, CD manual, Kabel LAN
Situswww.vcloudpoint.com
Garansi1 tahun (tidak termasuk adapter)
HargaRp1.700.000

Comments

comments

SIMILAR ARTICLES