Ini Dia Trending Topic di Twitter Indonesia Sepanjang 2017

Tahun 2017 menjadi saksi penting terjadinya peningkatan keberagaman topik di linimasa Twitter di Indonesia. Dengan sifatnya yang ​live dan ​conversational​, Twitter menjadi platform pilihan generasi muda Indonesia untuk secara aktif mencari tahu dan menyuarakan tentang apa yang menarik perhatian mereka, mulai dari budaya, olahraga, hiburan, politik, hingga kegiatan sosial.

Dari momen berskala global hingga nasional yang menarik perhatian dunia, Twitter mewakili keberagaman topik dari beragam lini menjadikannya platform terbaik untuk melihat berbagai hal yang #RameDiTwitter​ ​dari​ ​berbagai​ ​sisi ​secara​ ​​real-time.

Bulan Ramadan menjadi momen yang paling banyak diperbincangkan. Selama bulan ini, masyarakat Indonesia berbagi momen berharga mereka menggunakan berbagai tagar seperti ​#Ramadan​, ​#Puasa​, ​#Sahur​, ​#Ngabuburit​, dan lain-lain. Tercatat setidaknya 118 juta cuitan terkait percakapan selama bulan Ramadan tahun ini dari berbagai penjuru dunia.

Sedangkan tagar #PersibDay menjadi yang paling sering digunakan. Setelah beberapa kali masuk ke dalam daftar yang ​sama,​ ​akhirnya​ ​tahun​ ​ini​ ​tagar​ ​​tersebut​ ​berhasil ​ ​berada​ ​di ​peringkat ​​pertama.

Di tahun 2017, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam dan dinamis. Hal ini terlihat dari beragam akun yang dibicarakan di ​linimasa​. Basuki Tjahaja Purnama berada di peringkat pertama, disusul oleh Presiden Joko Widodo, Anies Baswedan, dan Fahri Hamzah.

Untuk kategori akun dengan jumlah pengikut terbanyak, posisi Agnes Monica tidak beranjak dari posisi pertama dibanding tahun sebelummnya. Namun meski memiliki pengikut terbanyak, ternyata musisi yang paling banyak dibicarakan di Twitter adalah Rich Chigga. Sementara akun Melody JKT48 berada di posisi kedua di atas Agnes Monica sebagai musisi yang paling banyak dibicarakan.

Yang menarik di tahun ini, Twitter menghadirkan Golden Tweet 2017 yang merupakan cuitan yang telah di re-tweet paling banyak sepanjang 2017. Cuitan mengenai tragedi meninggalnya kapten dan kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, menjadi yang paling banyak di re-tweet yaitu sebanyak 20 ribu kali. ​Ucapan belasungkawa yang membanjiri linimasa Twitter tidak hanya datang dari dalam negeri tapi juga dari pemain dan klub internasional. Bahkan tagar ​#RIPChoirulHuda langsung menjadi ​trending topic pertama di Indonesia kala itu.

Comments

comments