Berita Keuntungan Blockchain bagi Perbankan di Indonesia

Keuntungan Blockchain bagi Perbankan di Indonesia

Gunawan Susanto, CEO baru IBM Indonesia

Teknologi Blockchain terus naik pamor seiring munculnya uang virtual. Ternyata, teknologi blockchain memberikan manfaat yang besar bagi industri perbankan di Indonesia terutama dalam hal transfer uang antar bank nasional dan internasional.

IBM pun mengajak beberapa bank di Indonesia untuk mengamati penerapan teknologi blockchain karena teknologi itu dapat mempercepat transaksi pengiriman uang dari satu negara ke negara lain.

Gunawan Susanto (Direktur Utama IBM Indonesia) mengatakan selama ini transaksi pengiriman uang harus melalui negara yang bersangkutan dahulu baru masuk ke bank di negara tersebut.

“Kami belum ada kerja sama tetapi kami menfasilitasi bank untuk bisa menjadi observer atau pengamat. Saat ini ada empat bank yang tertarik mengamati teknologi ini,” kata Gunawan, Jumat.

“Maaf empat bank ini namanya tidak bisa kita sebutkan. Mereka akan melihat teknologinya seperti apa, caranya, seberapa efisien, ada feedback-nya seperti apa,” ucapnya.

Blockchain adalah sistem yang berisi kumpulan data transaksi, atau biasa disebut dengan blok. Masing-masing blok ini dilindungi dengan sandi-sandi yang rumit. Blockchain merupakan basis data yang bisa dilihat secara umum (open source).

“Dengan teknologi Blockchain, transaksi sampai uang diterima dari pengirim ke penerima hanya dalam waktu 15 detik,” ujarnya.

Comments

comments