Waspada! Ada 85 Aplikasi Android yang Curi Password Pengguna Facebook

Malware Android

Google menghapus 85 aplikasi Android yang terjangkit malware dari toko aplikasi Google Play. Sebanyak 85 aplikasi Android itu mampu mencuri password media sosial dari perangkat penggunanya.

Sejauh ini malware-malware itu mencuri password jejaring media sosial asal Rusia, VK.com yang meminta penggunanya untuk memasukan username dan password.

Media sosial lainnya yang jadi sasaran pencurian password adalah Facebook serta aplikasi dengan konten berbayar.

Awalnya, Google tidak sadar toko aplikasinya Google Play telah terinfeksi malware tersebut sampai Kaspersky yang menemukan pertama kalinya. Ironisnya, ada satu aplikasi game “Mr President Rump” yang terinfeksi malware telah diunduh oleh 1 juta pengguna Android.

Roman Unuchek (Peneliti keamanan di Kaspersky) mengatakan si penyebar malware akan menggunakan password VK untuk masuk dalam berbagai grup.

“Para penjahat siber sukses memnginfeksi Google Play dengan malware lebih dari dua tahun. Kami menduga para penjahat siber mencuri password media sosial untuk mempromosikan grup mereka di jejaring sosial VK.com,” ujarnya seperti dikutip Softpedia.

Malware itu menargetkan perangkat dari negara pengguna terbesar aplikasi VK di Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Armenia, Azerbaijani, Belarus, Kyrgyztan, Romania, Tajik, dan Uzbekistan.

Pengguna yang telah menjadi korban pencurian data dan password harus mengubah kata sandinya.

Comments

comments