Best Apps Aplikasi Android Terbaik KBBI Edisi V: Kamus Besar Bahasa Indonesia Terbaru

KBBI Edisi V: Kamus Besar Bahasa Indonesia Terbaru

Bahasa Indonesia terus mengalami kemajuan dan pengembangan. Secara otomatis, Kamus Besar Bahasa Indonesia (atau yang populer dengan singkatan KBBI) juga harus dimutakhirkan. Menjelang akhir tahun 2016 lalu, tepatnya pada bulan Oktober, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan KBBI Edisi V, menggantikan KBBI Edisi IV yang telah berusia delapan tahun. Tak lama kemudian, kamus baru ini diikuti pula oleh versi digitalnya yang tentu saja tersedia pada platform Android juga.

Penggunaan KBBI Edisi V ini relatif mudah. Untuk mencari arti suatu kata, tinggal ketuk gambar kaca pembesar di sudut kanan atas dan ketikkan kata yang hendak dicari. Saat diketikkan, di bagian bawah kotak teks akan muncul daftar kata yang mirip dengan kata yang diketikkan tadi. Jika tidak ada yang sama persis, kata yang paling mirip tetap akan ditampilkan. Untuk mengetahui arti kata, ketuk saja salah satu kata yang muncul pada daftar kata tersebut.

Selain melalui pencarian kata, daftar kata tertentu juga bisa dicari melalui empat kategori yang ada di bagian bawah, yaitu Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang. Di dalam kategori tersebut masih ada lagi subkategori, dan barulah di dalamnya ditampilkan daftar kata yang berhubungan dengan subkategori tersebut.

Comments

comments