Uji Produk Asustor AS1002T: Kinerja Lumayan

Asustor AS1002T: Kinerja Lumayan

Untuk makin menambah fungsionalitas NAS (network attached storage), para produsen biasanya menambahkan beragam fitur seperti media server dan beberapa fungsi lainnya. Ini tentu di luar fungsi utamanya sebagai media berbagi-pakai file di jaringan. Namun, terkadang tak semua orang membutuhkan fitur-fitur tambahan tersebut.

Jika Anda termasuk pengguna yang tak terlalu mementingkan fitur-fitur tambahan di samping fungsi utama sebuah NAS, Anda bisa memilih varian NAS yang lebih sederhana. Asustor AS1002T ini adalah salah satu contohnya. Asustor AS1002T adalah sebuah NAS yang diposisikan di kelas entry-level.

Diposisikan di kelas entry-level, Asustor AS1002T ini memang memiliki fitur yang tak selengkap varian lain yang berada di atasnya. Salah satunya adalah absennya port HDMI. Port ini biasanya dipakai oleh fitur media player Kodi untuk menayangkan tampilan secara langsung ke televisi.

Meskipun begitu, NAS ini juga tetap dilengkapi fitur App Center pada panel kontrol web ADM (Asustor Data Master). Fitur tersebut berguna untuk menambah beberapa aplikasi pelengkap yang bisa memberikan fungsi tambahan seperti media server, mail server, antivirus, dan masih banyak lagi. Fitur multimedia juga tetap hadir pada NAS ini.

Asustor AS1002T hadir dengan dukungan terhadap dua hard disk yang masing-masing bisa mencapai kapasitas sepuluh terabyte. Ruang hard disk-nya memang cukup sulit diakses. Ruang hard disk-nya tak bisa langsung Anda akses dari bagian depan seperti pada beberapa NAS lainnya. Anda perlu membuka baut di belakang untuk membuka bagian dalamnya demi mengakses ruang hard disk. Selain itu, pemasangan hard disk-nya pun belum toolless alias masih menggunakan baut (walaupun baut yang disertakan adalah jenis thumbscrew sehingga tak membutuhkan obeng).

Bodi NAS ini seluruhnya menggunakan bahan plastik. Dimensinya pun terbilang ringkas sehingga tak akan memakan tempat saat diletakkan di meja kerja Anda. Bagian depannya memiliki 4 lampu indikator kecil serta 1 port USB 3.0 di bawahnya. Masih ada satu buah port USB 3.0 yang diletakkan di bagian belakang. Kedua port USB tersebut bisa Anda hubungkan dengan media simpan eksternal untuk mem-backup konten yang tersimpan di media simpan eksternal itu. Sayangnya, tak ada tombol pintas untuk melakukan backup secara instan. Di bagian belakangnya juga masih ada sebuah port LAN yang sudah mendukung gigabit.

Untuk menjalankan berbagai fungsinya, Asustor AS1002T ditenagai oleh sebuah chip ARM Marvell Armada 385 yang berkecepatan 1 GHz dan memori utama sebesar 512 MB. Walaupun spesifikasinya tergolong sederhana, NAS ini masih terbilang responsif saat melakukan penjelajahan menu dan juga meladeni permintaan lalu lintas data dari jaringan.

Saat kami gunakan pertama kali, NAS ini akan meminta instalasi firmware terlebih dahulu yang bisa Anda unduh dari situs Asustor. Setelah itu, NAS ini akan memberikan panduan untuk pengaturan awal, termasuk juga melakukan konfigurasi RAID. Anda bisa memilih konfigurasi mulai dari single disk, JBOD, RAID 0, dan RAID 1.

Kami pun mencoba kinerja NAS ini dengan menggunakan dua buah hard disk dan menggunakan konfigurasi RAID 0 dan RAID 1. Saat dioperasikan, NAS ini sebenarnya terbilang hening dan juga mengonsumsi daya yang sangat hemat. Suara yang dihasilkan baru muncul dari getaran hard disk saat beroperasi pada intensitas tinggi, seperti pada saat konfigurasi awal RAID. Sementara dalam hal kinerja transfer datanya, Asustor AS1002T ini tergolong biasa saja. Hasil pengujian transfer datanya bisa dilihat pada tabel.

Asustor AS1002T memiliki kapasitas dua unit hard disk.

Untuk memasang hard disk, Anda perlu membongkar bagian dalam NAS ini.

Panel kontrol ADM sama dengan yang digunakan pada varian Asustor lain.

Plus: Konfigurasi mudah dan cepat, dimensi ringkas, ada iSCSI, mendukung banyak aplikasi tambahan.

Minus: Tak sepenuhnya toolless, kecepatan transfer data biasa saja.

SpesifikasiAsustor AS1002T
Antarmuka hard diskSATA 6 Gb/s
Jumlah hard disk2
Ukuran hard disk3,5″
Port2 x USB 3.0, 1 x LAN 1 Gbps
Mode storageSingle, JBOD, RAID 0, RAID 1
Garansi3 tahun
Situswww.asustor.com
HargaRp4.026.000
KontakEternal Asia Indonesia, (021) 2946 7169

Comments

comments