Uji Produk Smartphone Blaupunkt Soundphone S2: Andalkan Snapdragon Audio+

Blaupunkt Soundphone S2: Andalkan Snapdragon Audio+

Blaupunkt kembali menghadirkan smartphone melalui Blaupunkt Soundphone S2. Menyasar kelas menengah ke bawah, smartphone ini tidak banyak menyertakan fitur tambahan. Rata-rata semua fitur yang ada terbilang standar, termasuk sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 dengan antarmuka default Android.

Sebagai merek audio terkemuka, seri smartphone ini memiliki fitur audio yang minim. Ini terlihat dari tidak disertakannya aplikasi musik khas Blaupunkt serta tanpa adanya chip audio khusus guna meningkatkan performa audio. Dari sisi aplikasi, smartphone ini hanya menyediakan aplikasi Music yang disertakan Android.

Yang sedikit berbeda, Soundphone S2 menyertakan equalizer Snapdragon Audio+. Equalizer ini bisa digunakan melalui aplikasi Music, dan bisa bekerja baik saat menggunakan speaker internal maupun headphone/headset. Keluaran audio yang dihasilkan memang mengalami peningkatan yang lebih baik.

Blaupunkt menyertakan satu unit headset Blaupunkt BPA-102. Pada headset ini terdapat kontrol suara yang terdiri dari tiga tombol yaitu Previous, Play/Pause, dan Next. Kualitas keluaran audio dari headset ini jelas lebih baik dibanding headset standar yang ditawarkan kebanyakan smartphone. Suara bass terdengar lebih dominan pada nada-nada tertentu.

Dari sisi kinerja, smartphone ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan baik. Ini terlihat pada pengujian menggunakan aplikasi uji yang kami gunakan. Bahkan berdasarkan hasil frame per second yang diperoleh dari uji kinerja grafis, smartphone ini masih mumpuni untuk menjalankan game seperti Asphalt 8: Airborne. Namun, ada beberapa bagian game yang ditampilkan kurang detail.

 

Tampak Belakang
Bagian belakang produk ini menampilkan logo Blaupunkt serta kamera utama 13 MP dengan lampu kilat di sisinya. Terdapat juga speaker internal di bagian bawah.

Equalizer
Untuk menghasilkan keluaran audio yang berbeda, Anda bisa memanfaatkan fungsi equalizer Snapdragon Audio+. Fungsi ini bisa diaktifkan via aplikasi Music.

Hasil uji

PengujianBlaupunkt Soundphone S2
AnTuTu Benchmark 6.2.023939
PCMark – Work Performance3103
3Dmark - Ice Storm5285
3Dmark - Ice Storm Extreme2740
3Dmark - Ice Storm Unlimited4631
GeekBench 4 - Single Core411
GeekBench 4 - Multi Core1102

PLUS: Ergonomis, sudah dukung sampai 4G LTE, daya tahan baterai awet, ada equalizer Snapdragon Audio+, bonus headset Blaupunkt BPA-102.

MINUS: Tanpa fitur audio khusus, prosesor kelas low end.

SpesifikasiBlaupunkt Soundphone S2
ProsesorQualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212 (quad core Cortex-A7)
RAM2 GB
Chip grafisAdreno 304
Kapasitas simpan internal16 GB
Selot SIMDual SIM (micro)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, radio FM, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
KameraBelakang: 13 MP, autofocus, LED flash, video 720p/Depan: 5 MP, video 1080p
Layar5″ IPS LCD 1.280 x 720 pixel @ 294 ppi
Kapasitas bateraiLi-ion 4.000 mAh
Sistem operasiAndroid 6.0.1 Marshmallow
KelengkapanKabel data micro-USB, adapter, buku manual, kartu garansi, headset Blaupunkt BPA-102
Situswww.blaupunkt.com
Garansi/Harga1 tahun/Rp2.399.000

Comments

comments