Uji Produk Smartphone Infinix Zero 4 Plus: Bodi Metal, Kinerja Andal

Infinix Zero 4 Plus: Bodi Metal, Kinerja Andal

Infinix menghadirkan seri Zero 4 Plus yang merupakan seri lebih tinggi dibanding Zero 4. Seri Zero memang merupakan kasta tertinggi yang dimiliki Infinix sampai saat ini. Tidak mengherankan jika apa yang ditawarkannya cukup menarik dan menggoda. Sebelum melangkah lebih jauh,  perlu diketahui bahwa harga yang ditawarkan produk ini masih terjangkau, tidak seperti seri tertinggi kompetitor yang memiliki harga tinggi.

Zero 4 Plus menggunakan desain unibody dan menggunakan material dari logam. Meski membuat bobot produk ini lebih berat, penggunaan material ini justru membuatnya terlihat kokoh dan keren. Produk ini menggunakan desain layar 2.5D dengan Gorilla Glass 3. Layar ini mendukung sampai lima titik sentuhan. Telah disematkan pula dua belas jenis sensor yang di antaranya bisa berguna untuk menjalankan aplikasi virtual reality atau video 360.

Di bagian bawah terdapat dua speaker serta port micro-USB, sedangkan di sisi kanan terdapat tombol volume dan power. Pada sisi kiri terdapat selot kartu SIM dan memori ekternal. Pada bagian belakang disertakan tombol bulat yang merupakan fingerprint scanner.

Dilihat dari bentuknya, kamera utamanya cukup menarik perhatian. Pertama, bentuknya yang dibuat lebih menonjol dibanding cover. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih baik, disertakan lampu kilat serta teknologi laser autofocus. Kamera ini juga menggunakan sensor Sony IMX230 dan memiliki resolusi 20,7 MP. Selain itu, produk ini juga dilengkapi teknologi OIS untuk menstabilkan perekaman foto atau video dari guncangan.

Anda juga akan mendapati pengaturan manual melalui pilihan Pro. Dari sini, Anda bisa mengatur sendiri pilihan pada Exposure Value, White Balance, Manual Focus, ISO, Shutter Speed, dan Manual Exposure. Anda bisa bereksperimen pada berbagai macam kondisi untuk mendapatkan gambar yang unik dan menarik.

Bersenjatakan prosesor Mediatek Helio X20 yang memiliki 10 core serta dilengkapi dengan memori utama 4 GB, pengujian yang dilakukan InfoKomputer mampu dijalankan dengan mulus tanpa hambatan. Skor yang diperoleh juga tinggi. Ini tentu menjadi senjata andalan terutama bagi  yang suka memainkan game berat.

Menggunakan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh, Zero 4 Plus memiliki daya tahan yang lumayan baik. Meski memiliki ukuran layar besar, daya tahan baterai tetap terjaga. Ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh user interface XOS Chameleon v2.1.0 serta aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pada pengujian menggunakan PCMark for Android, terlihat baterai mampu bertahan sampai 8 jam 23 menit.

Kamera Utama
Kamera utama dipersenjatai oleh sensor Sony IMX230 yang dilengkapi fitur OIS (optical image stabilization) serta memiliki bukaan lensa f/2.0.

Dukung 4G
Smartphone ini sudah mendukung 4G LTE dan hadir dengan selot kartu SIM hibrida. Kapasitas kartu micro-SD yang didukung sampai 128 GB.

Pengaturan Manual
Mode Pro menyediakan pengaturan manual sehingga Anda bisa bereksperimen guna mendapatkan foto yang lebih menarik.

Pemindai Sidik Jari
Pemindai sidik jari tidak untuk membuka layar terkunci saja. Fitur ini juga bisa untuk mengambil foto, menerima panggilan telepon, menjelajahi foto, merekam panggilan, dan mematikan alarm.

XOS Chameleon
Zero 4 Plus menggunakan user interface buatan Infinix yaitu XOS Chameleon berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Hasil uji

PengujianInfinix Zero 4 Plus
AnTuTu Benchmark 6.2.086183
PCMark – Work Performance4044
3Dmark - Ice Storm12235
3Dmark - Ice Storm Extreme10573
3Dmark - Ice Storm Unlimited15298
GeekBench 4 - Single Core1580
GeekBench 4 - Multi Core4537

PLUS: Bodi metal, prosesor deca core, memori utama empat gigabyte, layar lega, sensor Sony pada kamera utama, ada pengaturan manual pada kamera utama, layar 2,5D dengan Gorilla Glass 3, harga relatif terjangkau, ada pemindai sidik jari, tersedia teknologi fast-charging.

MINUS: Speaker kurang optimal, video kamera depan hanya sampai 480p.

SpesifikasiInfinix Zero 4 Plus
ProsesorMediatek Helio X20 MT6797M (deca core sampai 2,0 GHz)
RAM4 GB
Chip grafisMali-T880 MP4
Kapasitas simpan internal32 GB
Selot SIMDual SIM (micro-SIM dan nano-SIM hibrida dengan micro-SD)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11b/g/n (dual band), Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, A-GPS, radio FM, jack audio 3,5 mm, USB-OTG
KameraBelakang: 20,7 MP, OIS, LED flash, f/2.0, laser AF, video 1080p/Depan: 13 MP, LED flash, f/2.2, wide selfie, video 480p
Layar5,98″ IPS LCD 1.920 x 1.080 pixel @ 386 dpi, Gorilla Glass 3
Kapasitas bateraiLi-ion 4.000 mAh
Dimensi/bobot16,05 x 8,297 x 0,825 cm/203 gram
Sistem operasiAndroid 6.0 Marshmallow
KelengkapanHeadset, kabel data USB, adapter, buku manual, garansi
Situswww.infinixmobility.com/id
Garansi1 tahun
HargaRp3.699.000

Comments

comments