Uji Produk Smartphone LG V20: Kamera Ciamik, Audio Mantap

LG V20: Kamera Ciamik, Audio Mantap

Setelah tidak mendatangkan smartphone premium LG G5 ke tanah air (hanya G5 SE), akhirnya LG memboyong LG V20. Langkah ini memang agak sedikit terlambat dibanding negara lain. Sebagai smartphone premium, LG V20 menghadirkan segudang fitur menarik yang menjadi andalannya, di antaranya fitur dual layar, dua aplikasi dalam satu layar, dan dual kamera. LG V20 juga menjadi salah satu smartphone pertama yang sudah menggunakan Android 7.0 Nougat.

Dua layar merupakan salah fitur unik yang ada di LG V20. Layar kedua yang berukuran kecil ditampilkan pada sisi atas. Layar ini memuat semua shortcut aplikasi yang memudahkan Anda mengaksesnya saat layar utama sedang menjalankan suatu aplikasi. Layar kedua ini juga bisa menampilkan hal lain seperti notifikasi, akun pengguna, serta aplikasi kedua yang sedang berjalan. Sementara fitur dua aplikasi dalam satu layar bisa diaktifkan dengan cara menekan ikon dual window.

Kamera LG V20 juga tergolong jempolan. Kamera utama (belakang) menyediakan fitur dual kamera. Kamera pertama memiliki resolusi enam belas megapixel yang berfungsi untuk mengambil gambar pada sudut normal (75°). Sementara kamera kedua memiliki resolusi delapan megapixel yang berguna untuk mengambil gambar pada sudut lebar (135°). Kombinasi keduanya memang terlihat mampu menghasilkan foto yang ciamik.

Asyiknya lagi, fitur serupa juga terdapat pada kamera depan. Dengannya, Anda tidak hanya mendapatkan kemampuan selfie standar, melainkan juga kemampuan foto bersama (wefie) berhubung tangkapan gambar menjadi lebih lebih luas.

Kelebihan tersebut didukung oleh pengaturan yang ada pada aplikasi kamera. Pilihan pengaturan tersedia cukup beragam. Untuk mengambil gambar, tersedia pilihan otomatis maupun manual. Pilihan manual menjadi menarik karena Anda bisa bereksperimen guna menghasilkan gambar yang lebih unik serta kreatif. Dalam hal perekaman video, terdapat pilihan untuk merekam pada mode slow motion, snap, serta time-lapse.

LG V20 menampilkan kinerja impresif. Bersenjatakan SoC Qualcomm Snapdragon 820, segala aplikasi uji mampu berjalan mulus dengan skor tinggi. Uji grafis juga mampu menghasilkan skor fps yang tinggi. Ini dipercantik oleh tampilan layar dengan resolusi Quad HD yang memiliki tampilan warna tajam dan cerah.

Baterai dengan kapasitas 3.200 mAh-nya mampu mencatu daya smartphone sampai lebih dari empat jam. Daya tahan ini terbilang lumrah mengingat ukuran layarnya yang besar serta fitur penunjangnya yang memang membutuhkan asupan daya lebih besar.

Bisa Dilepas
LG V20 menggunakan baterai yang bisa dilepas sehingga memudahkan Anda untuk menggantinya saat diperlukan.

Dual Kamera
Fitur dual kamera belakang memiliki resolusi 16 MP dan 8 MP. Sementara tombol bulat di bawahnya berfungsi sebagai tombol power sekaligus pemindai sidik jari.

Mudah Dibuka
Tombol di sisi kiri ini berguna untuk memudahkan Anda jika ingin membuka cover belakang.

Mode Manual
Aplikasi kamera menampilkan beragam pilihan pengaturan menarik. Contohnya mode Manual, baik untuk foto maupun video, yang memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi kemampuannya secara lebih jauh.

Chip Quad DAC
Teknologi Hi-Fi Quad DAC yang digunakan tidak hanya meningkatkan kualitas keluaran suara. Teknologi ini juga menghadirkan kemampuan merekam track audio secara terpisah dengan hasil memukau.

Hasil uji

PengujianLG V20
AnTuTu Benchmark 6.2.093956
PCMark – Work Performance4999
3Dmark - Ice Storm14130
3Dmark - Ice Storm Extreme12399
3Dmark - Ice Storm Unlimited21871
GeekBench 4 - Single Core1594
GeekBench 4 - Multi Core3576

PLUS: Desain kelas militer, kinerja impresif, dual kamera utama dan fitur serupa pada kamera depan, ada pangaturan manual untuk kamera, dual layar dan tampilan dua aplikasi, resolusi layar Quad HD dengan tampilan tajam, pemindai sidik jari responsif, dibekali headset Bang & Olufsen, menggunakan chip audio Hi-Fi Quad-DAC, Android 7.0 Nougat.

MINUS: Desain kurang menggambarkan smartphone kelas premium, tampilan dual layar kurang efektif, tidak antiair, harga tinggi.

SpesifikasiLG V20
ProsesorQualcomm MSM8996 Snapdragon 820 (dual core Kryo 2,15 GHz dan dual core Kryo 1,6 GHz)
RAM4 GB
Chip grafisAdreno 530
Kapasitas simpan internal64 GB
Selot SIMDual SIM (nano)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, A-GPS, GLONASS, radio FM, jack audio 3,5 mm, USB-Type C
KameraBelakang: 16 MP (29 mm, f/1.8) + 8 MP (12 mm, f/2.4), video 3.840 x 2.160 pixel (UHD)/Depan: 5 MP, video 1.920 x 1.080 pixel
Layar5,7″ IPS LCD 2.560 x 1.440 pixel @ 513 ppi
Kapasitas bateraiLi-ion 3.200 mAh
Dimensi/bobot15,97 x 7,81 x 0,76 cm/174 gr
Sistem operasiAndroid 7.0 Nougat
KelengkapanHeadset, kabel data USB Type-C, adapter, buku manual, garansi
Situswww.lg.com/id
Garansi1 tahun
HargaRp9.500.000

Comments

comments