Apa Saja Penyebab Baterai Smartphone Terbakar?

Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Sudah tidak terhitung kasus meledaknya smartphone karena baterai yang terbakar bahkan Samsung harus me-recall Samsung Galaxy Note 7 yang sudah tersebar di pasar karena permasalahan baterai.

Tidak seperti komputer, smartphone memang tidak memiliki pendingin otomatis dan beberapa vendor smartphone memasang pengaman berupa pengukur panas dan meluncurkan aplikasi yang dapat menghemat penggunaan baterai.

Hampir sebagian besar kasus smartphone meledak karena panasnya kondisi baterai dan umur baterai yang sudah tua. Berikut 5 penyebab baterai smartphone bisa meledak seperti dikutip How To Geek:

1. Baterai panas karena umur

Setiap baterai smartphone memiliki waktu tenggang masa pakai. Bentuk baterai yang sudah udzur akan sedikit membengkak atau menggelembung dan akan lebih cepat panas ketika Anda mengisi dayanya. Karena itu, Anda bisa membeli baterai baru di pusat layanan (service centre).

2. Baterai panas ketika di-charge

Biasanya, suhu baterai smartphone akan meningkat ketika diisi daya tetapi jika suhunya terlalu panas. Maka, Anda menggunakan aksesoris charger yang salah. Solusinya, Anda bisa mencabut charger supaya suhu smartphone Anda kembali dingin terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa mengisi kembali daya smartphone dengan charger resmi.

3. Baterai panas karena sinar matahari

Pengguna kerap meletakan smartphone pada dashboard mobil dan membuat sinar matahari menyinari smartphone sepanjang hari. Hal itu sangat tidak baik karena umumnya smartphone terbuat dari material plastik atau logam bewarna hitam merupakan penyerap panas.

Solusinya, Anda bisa segera non-aktifkan smartphone dan meletakkannya di tempat yang teduh. Jangan pernah membiarkan smartphone terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan smartphone mati dan tidak bisa digunakan kembali.

4. Baterai panas karena kinerja

Beban kinerja smartphone yang berat bisa membuat daya baterai smartphone cepat terkuras dan suhu baterai smartphone memanas. Dalam banyak kasus, smartphone bisa panas karena kinerja CPU yang bekerja terlalu keras. Karena itu, Anda bisa membuang aplikasi yang tidak terpakai dan mengurangi kinerja smartphone serta Anda bisa meng-upgrade sistem operasi (OS).

5. Baterai Panas karena upgrade OS

Kinerja processing akan meningkat setiap di-upgrade sistem operasi. Misal, proses menandai foto-foto akan menyedot kerja prosesor secara otomatis dan membuat suhu smartphone akan panas. Karena itu, Anda membutuhkan penanganan khusus dari service centre untuk memperbaikinya.

Comments

comments