Berita Facebook Ubah Tampilan News Feed Jadi Lebih Informatif

Facebook Ubah Tampilan News Feed Jadi Lebih Informatif

Facebook akan merubah algoritma yang berfungsi sebagai penyaringan unggahan dan video di News Feed Facebook dengan memprioritaskan teman-teman dan keluarga. Hal itu diungkapkan Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengenai perubahan desain Facebook.

Facebook juga akan mengurangi konten non-iklan dari merek dan penerbit atau organisasi media serta algoritma Facebook juga akan mengurangi komentar “like” atau berbagai cara lainnya untuk menunjukkan ketertarikan.

“Saya meminta kepada tim untuk fokus membantu pengguna menemukan konten yang relevan dan membuat pengguna untuk lebih banyak interaksi sosial berarti,” tulis Zuckerberg seperti dikutip Reuters.

“Perubahan ini akan memberikan dampak yang lebih baik bagi para pengguna dan bisnis dalam jangka panjang,” ucapnya.

Sebelumnya, Facebook dan sejumlah media sosial menuai kritikan karena membuat para pengguna melihat berbagai isu sosial dan politik sehingga menyebabkan kebiasaan adiktif.

Algoritma Facebook sendiri melakukan kesalahan dengan memprioritaskan berita dan informasi yang salah di News Feed, termasuk memengaruhi Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu.

“Kami merasa bertanggung jawab untuk memastikan layanan kami menyenangkan dan baik untuk kehidupan masyarakat,” ungkap suami Priscilla Chan tersebut.

Saat ini Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna bulanan dan merupakan media sosial terbesar di dunia. Selain itu, Facebook juga merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dengan pendapatan berkisar USD 36 miliar per 30 September 2017 yang sebagian besar berasal dari iklan.

Comments

comments