FBI Jengkel dengan Sistem Keamanan Smartphone yang Makin Canggih

Apple vs FBI

Saat ini pengguna sudah semakin cerdas untuk mencari perangkat teknologi yang aman dan nyaman. Hal itu membuat para pabrikan smartphone untuk membuat smartphone yang canggih dari sisi fitur dan sistem keamanan.

Biro Investigasi AS (FBI) pun mengeluhkan sistem keamanan smartphone saat ini yang semakin modern dan canggih. Bahkan, divisi teknologi FBI pun kesulitan untuk membuka enkripsi smartphone.

“Tahun lalu, FBI tidak bisa membuka akses sebagian besar perangkat elektronik milik pelaku kejahatan untuk mencari barang bukti,” kata Christopher Wray (Direktur FBI) seperti dikutip CNBC.

FBI memang mendapatkan ijin dari pengadilan untuk memeriksa isi perangkat dari pelaku kejahatan tetapi FBI sangat sulit untuk memecahkan kode keamanan smartphone. Bahkan, FBI harus berseteru dengan Apple hingga ke pengadilan lantaran Apple tidak ingin membuka enkripsi iPhone milik tersangka teroris.

FBI mencatat ada 7.775 perangkat yang tak bisa mereka buka kode keamanannya. Dampaknya, FBI tidak mendapatkan bukti yang kuat untuk memberikan hukuman yang setimpal bagi para pelaku kejahatan.

“Kami tidak dapat mengakses bukti tersebut walaupun memiliki kewenangan yang sah untuk melakukannya,” ucapnya.

Wray mengatakan saat ini para penjahat menggunakan aplikasi terenkripsi sehingga membuat FBI tidak dapat memantau komunikasi, bahkan dengan perintah pengadilan.

Comments

comments