Berita Gara-gara Patch Spectre dan Meltdown, Kinerja iPhone Jadi Lemot

Gara-gara Patch Spectre dan Meltdown, Kinerja iPhone Jadi Lemot

Apple mengeluarkan patch iOS 12.2.2 untuk melindungi perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch dari kerentanan Meltdown dan Spectre. Sayangnya, patch terbaru itu membuat performa perangkat yang berbasis iOS itu lemot.

Seorang pengguna iPhone 6 bernama Melvin Mughal melakukan tes benchmark sebelum dan sesudah diperbarui ke iOS 12.2.2. Hasilnya, patch itu membuat kinerja iPhone turun 41 persen ketika tidak memakai aplikasi apa pun seperti dikutip Phone Arena.

Penurunan performa iPhone itu jadi lambat karena Apple memang sengaja menurunkan kinerja perangkatnya demi efisiensi baterai. Apple pun meminta pengguna iPhone untuk memasang patch terbaru supaya terhindar dari Spectre dan Meltdown.

Microsoft

Sebelumnya, Microsoft memperingatkan perangkat pengguna Windows lama akan mengalami penurunan performa atau lemot setelah memperbarui atau menginstal patch terbaru untuk menangkis serangan bug prosesor Meltdown dan Spectre.

Microsoft telah meluncurkan pembaruan keamanan pada 3 Januari untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bugs itu menginfeksi hampir semua prosesor Intel, ARM dan AMD dan membuktikan kepada dunia tentang celah keamanan perangkat komputer dan smartphone. Hacker dapat menggunakan bug itu untuk mencuri data-data sensitif seperti password dan data rahasia lainnya.

“Pengalaman pengguna akan berkurang drastis tergantung umur prosesor perangkat pengguna dan versi Windowsnya. Pengguna akan merasakan waktu booting yang lebih lama lagi” kata Terry Myerson (Juru Bicara Microsoft) seperti dikutip ZDNET.

Terry mengatakan pengguna Windows 7 dan 8 yang menggunakan prosesor lawas seperti prosesor Haswell atau chip sebelumnya akan merasakan kinerja yang lambat. Bahkan, pengguna Windows 10 juga yang menggunakan perangkat lama juga akan merasakan performa yang lemot.

Untungnya, pengguna komputer PC bisnis dan perumahan tidak akan merasakan kinerja yang lambat ketika membaca email, menulis dokumen dan mengakses foto.

Comments

comments