Ini Tiga Tipe Pembeli Online Shop di Indonesia, Anda yang Mana?

Bagi mereka yang telah lama menjalani bisnis online shop pasti kerap menemukan berbagai perilaku pembeli yang unik.

Shopee, salah satu pemain e-commerce di tanah air yang telah mencatat sekitar 2 juta percakapan antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat ini pun merilis tipe-tipe pembeli online. Aplikasi yang diklaim telah diunduh lebih dari 25 juta kali dan memiliki lebih dari 1 juta penjual/brand ini pun merilis hasil riset tiga tipe pembeli online shop di Indonesia.

  1. Tipe Pengincar

Tipe pembeli ini biasanya sering menyimpan barang di dalam keranjang belanja karena mereka sudah mengincar barang tersebut. Tapi, uniknya mereka bisa menyimpan barang tersebut di dalam keranjang hingga lebih dari 7 hari. Nampaknya, mereka menggunakan “keranjang” sebagai bookmark atau daftar keinginan/favorit, dan melakukan pembelian setelah gajian. Tipe ini biasanya suka bertanya langsung dengan penjual lewat fitur live chat yang ada di Shopee dan membaca rekomendasi dari pembeli lainnya.

  1. Tipe Pemburu Promo

Tipe pembeli ini gencar mencari diskon dan baru membeli barang jika sedang ada promo yang berlangsung saja. Mereka juga sering mencari kode voucher untuk mendapatkan potongan harga spesial. Jika anda termasuk tipe promo-hunter, jangan lewatkan penawaran flash sale dan daily prize yang ada di Shopee setiap harinya.

  1. Tipe Gerak Cepat (GerCep)

Si tipe GerCep atau gerak cepat ini biasanya sudah tahu barang apa yang mereka incar. Mereka bahkan tidak butuh waktu lama dari memasukkan barang ke keranjang hingga proses pembayaran. Kebetulan User Interface (UI) milik Shopee secara spesifik diciptakan untuk ponsel, sehingga membantu pengalaman berbelanja online melalui ponsel lebih cepat. Pengguna dapat menjual atau membeli produk dalam waktu kurang dari 30 detik, kapanpun dan dimanapun.

Setelah tahu tipe-tipe pembeli online shop di atas, anda termasuk tipe yang mana?

Comments

comments