Berita Kominfo Kebut Infrastruktur Broadband di Indonesia Tahun ini

Kominfo Kebut Infrastruktur Broadband di Indonesia Tahun ini

Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika) akan fokus kepada pembangunan internet cepat atau broadband dan memastikan proyek Palapa Ring untuk rampung pada tahun ini.

Kominfo optimis Paket Palapa Ring bagian Barat akan rampung pada akhir kuartal pertama 2018, paket Palapa Ring bagian Tengah akan rampung pada pertengahan 2018 rampung dan Paket Palapa Ring bagian Timur kemungkinan selesai pada akhir tahun.

“Konstruksi bulan depan selesai, lalu dilakukan uji coba, jadi tinggal ready for service. Semeleset-melesetnya, kalau ada tantangan khusus di Papua atau daerah timur, paling kuartal pertama 2019. Tapi intinya sudah selesai,” kata Rudiantara di Jakarta, Rabu.

Kominfo juga menginginkan cakupan jaringan 4G lebih luas di Indonesia, menyusul pemerintah menargetkan 514 kota dan kabupaten di Indonesia terkoneksi jaringan 4G pada 2019. Hingga kini, baru ada 300 kota dan kabupaten yang sudah merasakan jaringan 4G.

“Intinya broadband, broadband dan broadband. Ini akan kita kebut semua,” tegasnya.

Kominfo juga gencar melakukan pembicaraan dengan sejumlah vendor ponsel untuk menjual ponsel 4G yang lebih terjangkau di pasar. “Sekarangkan ponsel 4G sudah ada yang Rp1 jutaan. kami berharap harganya makin turun lagi,” ungkap Rudiantara.

Comments

comments