Seru! Kini Instagram Stories Bisa Gunakan Gambar dan Video GIF

Instagram langsung menggebrak awal tahun dengan dengan meluncurkan fitur GIF karena tren penggunaan GIF yang terus meningkat di media sosial.

Kini pengguna Instagram Stories bisa menyematkan gambar berformat GIF atau gambar bergerak ke dalam tautannya. Instagram telah menggandeng Giphy yang merupakan penyedia gambar GIF besar.

Pengguna Instagram Stories bisa mencari gambar GIF dari Giphy dengan cara mengetik di kolom pencarian. Setelah itu, gambar itu akan muncul dan langsung ditempel di Stories.

Selain itu, fitur GIF itu sudah bisa hadir di kolom komentar aplikasi Facebook. “Kami selalu mencoba cara untuk meningkatkan pengalaman Instagram. Mereka juga dapat¬†menempelkan stiker GIF di stories yang berbentuk foto dan video,” kata juru bicara Instagram seperti dikutip The Verge.

Untuk saat ini, fitur GIF di Instagram Stories sudah diuji coba di beberapa negara, yakni di Brazil, Filipina, dan Indonesia.

Saat ini Giphy sendiri memang sudah memiliki kemitraan yang erat dengan Facebook selaku pemilik Instagram. Di Facebook, pengguna bisa memberikan komentar di sebuah postingan dengan menggunakan GIF dari Giphy.

Dua Fitur Baru

Instagram memperkenalkan dua fitur terbarunya yaitu Stories Highlights dan Stories Archives. Untuk membuat highlight, tekan lingkaran “Baru” pada bagian kiri profil Anda sehingga Anda dapat memilih Stories Anda dari arsip pribadi. Kemudian, pilih gambar utama dan berikan nama untuk highlight tersebut.

Setelah Anda selesai, highlight Anda akan muncul pada lingkaran profil dan akan tampil ketika seseorang mengetuknya. Highlights akan tetap tampil di profil hingga pemilik akun menghapus highlight tersebut. Bahkan, tidak ada batasan jumlah highlight yang dapat Anda simpan. Untuk mengedit dan menghapus highlight, cukup mengetuk dan menahan highlight.

Story Highlights memudahkan Anda menampilkan berbagai hal menarik dalam kehidupan Anda, serta menciptakan highlights dari semua stories yang pernah Anda bagikan. Berbagai momen terbaik dari keseharian Anda hingga stories bersama squad, segala hal dan aktivitas yang paling bermakna hadir langsung di profil Anda.

Instagram juga menghadirkan Stories Archive. Untuk mengakses Stories dalam arsip, tekan ikon arsip dalam profil Anda. Kemudian, Anda dapat dengan mudah mengganti Posts Archive dengan Stories Archive.

Dalam fitur ini, stories Anda akan muncul dalam susunan kotak, serta menampilkan Stories terbaru Anda di bagian paling bawah. Indikator tanggal akan tampil di setiap Story pertama di hari tersebut, untuk membantu Anda melihat Stories yang tersimpan.

Tekan stories dalam arsip Anda untuk melihatnya. Dari situ, stories tersebut dapat dibagian kembali atau digabungkan dalam highlight di profil Anda. Hanya Anda yang dapat melihat arsip stories, dan pengarsipan otomatis dapat dihentikan kapanpun melalui setting profil Anda.

Comments

comments