Terus Rugi, LG Batal Luncurkan Smartphone “Flagship” Tiap Tahun

LG Indonesia Luncurkan LG G6 di Indonesia

Sesuai tradisi, mayoritas para pabrikan smartphone selalu meluncurkan smartphone flagship dan tercanggihnya setiap tahun untuk merebut hati pelanggan dan membuktikan konsistensinya di pasar.

Namun, LG tampaknya merubah kebijakan dan strategi perusahaan untuk tidak meluncurkan smartphone flagship-nya setiap tahun. Padahal, LG selalu meluncurkan smartphone LG seri G pada kuartal pertama dan seri V pada kuartal kedua setiap tahunnya.

“Kami berencana mempertahankan model yang sudah ada dalam waktu yang lebih lama dan kami tidak akan mengikuti vendor smartphone lainnya yang meluncurkan smartphone flagship setiap tahunnya,” kata Cho Sung-jin (Vice Chairman LG) seperti dikutip The Korea Herald.

“Kami akan meluncurkan smartphone terbaru ketika kami rasa sudah waktunya bukan berdasarkan rival kami mempunyai produk baru,” ujarnya.

Selama ini siklus perilisan smartphone flagship LG memang sama dengan siklus flagship Samsung. Setiap tahunnya, saat Samsung meluncurkan varian flagship Galaxy S,A�LG pasti juga meluncurkan varian flagship G.

Pada saat yang sama, Samsung juga meluncurkan varian flagship Galaxy Note dan LG pun merilis varian flagship V.

Banyak pengamat melihat perubahan strategi LG itu karena kinerja keuangan divisi smartphone LG yang terus merugi. Cho pun menampik bahwa LG kalah bersaing dengan para kompetitornya seperti Apple dan Samsung yang konsisten meluncurkan smartphone flagship setiap tahunnya.

“Kami tidak takut bersaing tetapi kami sadar untuk mempertahankan sebuah platform bagus untuk jangka waktu lama,” pungkasnya.

Kemungkinan besar, LG akan menunda peluncuran smartphone flagship LG G7 hingga April 2018, bukan dalam ajang MWC 2018 di Barcelona, Spanyol. Hal itu dikarenakan LG harus menunggu pasokan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 845.

“LG kemungkinan tidak akan mengumumkan G7 di MWC. Smartphone ini mungkin akan diumumkan pada pertengahan Maret sebelum dirilis secara resmi,” ungkap seorang sumber dari perusahaan telekomunikasi Korea Selatan.

Comments

comments