Coolpad Cool Dual (R116): Dua Kamera Utama

Saat tren dual kamera sedang marak, Coolpad tidak ketinggalan menghadirkan seri Cool Dual (R116). Melalui Cool Dual, Coolpad menyematkan dua kamera utama. Sesuai namanya, penggunaan dua kamera depan menjadi andalan utama smartphone ini. Apa fungsinya?

Kamera pertama bertugas untuk menangkap gambar pada mode warna, sedangkan kamera kedua untuk menangkap gambar dalam mode monokrom. Kombinasi keduanya diklaim mampu menangkap gambar secara lebih baik. Pada kondisi cahaya yang minim, kombinasi ini juga diklaim mampu meminimalkan tingkat noise serta meningkatkan kecerahan foto.

Tidak hanya itu, kombinasi dua kamera tersebut juga bisa digunakan untuk menangkap gambar dengan efek bokeh. Efek ini akan memburamkan latar belakang dan berfokus pada objek yang hendak dijepret. Asyiknya, pengguna bisa mengatur seberapa buram (blur) latar belakang yang hendak diambil.

Guna menghasilkan efek bokeh yang sempurna pada objek utama, pengguna diminta memastikan untuk menjaga jarak objek maksimal sampai dua meter. Jika jarak terlalu jauh, efek tersebut tidak akan menghasilkan gambar yang diinginkan.

Fungsi kamera ini didukung aplikasi yang menarik. Selain mode Classic Mono dan SLR untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh, terdapat pula pilihan lain seperti pengaturan Pro, mode Beauty, dan mode Night. Ada juga Watermark untuk menambahkan watermark. Kamera utama Coolpad Cool Dual juga mampu digunakan merekam video sampai resolusi 4K.

Kamera depannya sendiri terbilang standar. Kamera depan tersebut memiliki resolusi delapan megapixel dan memiliki pilihan Beauty, Watermark, dan HDR. Kemampuan merekam videonya sampai resolusi 1080p.

Menyasar kelas menengah, SoC produk ini menggunakan Snapdragon 652. SoC ini dilengkapi grafis Adreno 510. Untuk pasar global seri ini hadir dengan kapasitas memori utama 4 GB serta media simpan 64 GB. Sementara untuk pasar Indonesia, Cool Dual hadir dengan memori utama 3 GB dan media simpan 32 GB.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, terlihat bahwa kemampuannya cukup mumpuni untuk menangani segala aktivitas serta menjalankan aplikasi yang ada di Google Play. Selama pengujian yang kami lakukan saat menjalankan game, smartphone ini mampu menjalankannya secara mulus tanpa lag. Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi uji kami, skornya cukup baik untuk kelas menengah.

Dengan kapasitas 4.060 mAh, baterainya mampu bertahan selama 7 jam 31 menit berdasarkan aplikasi PCMark. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat brightness maksimal. Sementara untuk pengunaan sehari-hari dengan koneksi internet dari data mobile, Coolpad Cool Dual bisa bertahan dari pagi sampai malam hari.

Tanpa Selot Micro-SD
Guna menghindari penurunan kinerja akibat kualitas kartu micro-SD yang tidak seragam, Coolpad tidak menyertakan selot untuk kartu memori tersebut.
Dua Kamera
Penggunaan dua kamera belakang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas foto serta kemampuan untuk menghasilkan efek bokeh.
Hanya Unlock
Sensor fingerprint ini hanya berfungsi sebagai akses cepat untuk membuka lock screen.
Kamera Utama
Hasil foto dengan efek bokeh serta mode monokrom classic menghasilkan foto yang terbilang cukup apik.
Android Marshmallow
Berbasis Android Marshmallow, Coolpad Cool Dual menggunakan user interface buatannya sendiri, yaitu EUI versi 5.8.

Hasil uji

PengujianCoolpad Cool Dual (R116)
AnTuTu Benchmark 6.2.064616
PCMark – Work Performance4533
3Dmark - Ice Storm10931
3Dmark - Ice Storm Extreme9223
3Dmark - Ice Storm Unlimited14258
GeekBench 4 - Single Core1425
GeekBench 4 - Multi Core2522

PLUS: Dua kamera utama, fitur menarik di aplikasi kamera, kinerja baik, hasil kamera apik, ada banyak sensor termasuk fingerprint, daya tahan baterai lama, merah infra bisa berfungsi sebagai remote control, material logam yang kokoh, menggunakan port USB Type-C.

MINUS: Tidak ada selot micro-SD, kamera depan tanpa flash, fungsi sensor fingerprint hanya satu.

SpesifikasiCoolpad Cool Dual (R116)
ProsesorQualcomm MSM8976 Snapdragon 652 (quad core Cortex-A72 1,8 GHz dan quad core Cortex-A53 1,2 GHz)
RAM3 GB
Chip grafisAdreno 510
Kapasitas simpan internal32 GB
Selot SIMNano (selot 1 dan 2)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, merah infra, radio FM, RDS, jack audio 3,5 mm, USB Type-C
KameraBelakang: dual 13 MP, autofocus, LED flash, video 4K/Depan: 8 MP, video 1080p
Layar5,5″ IPS LCD 1.920 x 1.080 pixel @ 420 dpi
Kapasitas bateraiRemovable Li-ion 4.060 mAh
Dimensi/bobot15,2 x 7,48 x 0,82 cm/167 gr
Sistem operasiAndroid 6.0 Marshmallow
KelengkapanKabel data USB, adapter, pin, screen protector, manual, garansi, earphone
Situswww.coolpadindonesia.co.id
Garansi1 tahun
HargaRp3.199.000

Comments

comments