Uji Produk Smartphone Nubia N1 Lite: Entry Level dengan Fingerprint

Nubia N1 Lite: Entry Level dengan Fingerprint

Dari tiga smartphone Nubia yang hadir di tanah air, Nubia N1 Lite merupakan smartphone dengan spesifikasi paling rendah. Menyasar segmen entry level, Nubia N1 Lite ternyata memiliki bentuk dan desain layaknya smartphone kelas menengah. Bodinya sebagian besar menggunakan material dari metal yang membuat bobotnya terasa agak berat. Ini justru memuatnya terkesan mewah sekaligus gagah dan mantap saat digenggam.

Layar berukuran 5,5 inci membuat tampilannya menjadi lebih lega dan memudahkan pengguna mengetik. Namun ini akan membuat pengguna akan lebih nyaman mengetik menggunakan dua tangan. Hanya saja layarnya belum dilengkapi dengan lapisan pelindung sehingga agak sedikit rentan tergores.

Sekilas bagian belakangnya menggunakan desain unibody. Padahal cover tersebut bisa dibuka untuk menempatkan kartu SIM dan memori eksternal. Sayangnya, baterai yang digunakan tidak bisa dilepas dan sudah menempel dengan bagian dalamnya.

Menyasar segmen entry level, seri ini “hanya” menyematkan resolusi 8 MP pada kamera utama dan 5 MP pada kamera depan. Pengaturan pada aplikasi kamera juga terbatas sehingga pengguna harus cukup puas memanfaatkan pengaturan otomatis saja.

Sebagai salah satu daya tarik, disematkan sensor fingerprint di bagian belakang tepat di bawah kamera dan lampu kilat. Sensor ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pembaca sidik jari melainkan juga untuk mengakses aplikasi atau berkas tertentu.

Dengan spesifikasinya, Nubia N1 Lite sudah mumpuni untuk memenuhi segala aktivitas standar. Bagi yang hobi bermain game, saat menjalankan beberapa game terbaru berukuran besar dan berat, Nubia N1 Lite agak sedikit keteteran meski tidak fatal.

Menggunakan baterai jenis lithium ion berkapasitas 3.000 mAh, tenaga baterainya cukup untuk mendukung aktivitas standar dari pagi sampai sore hari. Namun berdasarkan aplikasi pengujian PCMark – Work battery life, baterai tersebut mampu bertahan sampai 5 jam 38 menit.

Fingerprint
Sensor fingerprint terletak di bawah kamera dan lampu kilat guna memudahkan pengguna mengaksesnya menggunakan satu tangan.

Hasil uji

PengujianNubia N1 Lite
AnTuTu Benchmark 6.2.029474
PCMark – Work Performance2351
3Dmark - Ice Storm4153
3Dmark - Ice Storm Extreme2299
3Dmark - Ice Storm Unlimited3744
GeekBench 4 - Single Core568
GeekBench 4 - Multi Core1535

PLUS: Desain keren, kapasitas baterai 3.000 mAh, kamera depan dilengkapi lampu kilat, sensor fingerprint mendukung fungsi lain, harga terjangkau.

MINUS: Layar tidak dilapisi lapisan pelindung, baterai tidak bisa dilepas.

SpesifikasiNubia N1 Lite
ProsesorMediatek MT6737 (quad core 1,5 GHz Cortex-A53)
RAM2 GB
Chip grafisMali-T720MP2
Kapasitas simpan internal16 GB/micro-SD sampai 32 GB
Selot SIMDual SIM (micro)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, A-GPS, radio FM, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
KameraBelakang: 8 MP, autofocus, dual LED flash, video 1080p/Depan: 5 MP, LED flash, video 720p
Layar5,5″ IPS LCD 1.280 x 720 pixel @ 267 ppi
Kapasitas bateraiLi-ion 3.000 mAh
Dimensi/bobot-
Sistem operasiAndroid v6.0 Marshmallow
KelengkapanKabel data micro-USB, adapter, manual, kartu garansi
Situswww.nubia.com/id
Garansi1 tahun
HargaRp1.699.000

Comments

comments