Uji Produk TP-Link EAP110-Outdoor: Stabil di Luar Ruangan

TP-Link EAP110-Outdoor: Stabil di Luar Ruangan

Jika pada edisi sebelumnya kami telah menguji TP-Link EAP115-Wall, sebuah perangkat access point untuk penggunaan dalam ruangan, kali ini kami berkesempatan untuk menjajal satu access point lain dari TP-Link, yaitu EAP110-Outdoor.

Sesuai namanya, TP-Link EAP110-Outdoor ini memang ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan. Namun, perangkat tersebut memiliki kemiripan dengan TP-Link EAP115-Wall, yaitu sama-sama kompatibel dengan aplikasi Auranet dari TP-Link. Aplikasi ini bisa memudahkan Anda melakukan manajemen banyak perangkat sekaligus dalam satu konsol.

Untuk penggunaan di luar ruangan, TP-Link EAP110-Outdoor dibekali dengan material yang berkualitas. Bahan plastik yang digunakan juga cukup tebal. Bodinya juga telah mengantongi sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Dari sisi spesifikasi, TP-Link EAP110-Outdoor memiliki dukungan terhadap koneksi nirkabel 802.11n dengan kecepatan maksimal sampai tiga ratus megabit per second. Selain itu, untuk memastikan perangkat ini memiliki daya pancar yang maksimal, tersedia dua buah antena eksternal yang masing-masing memiliki gain lima decibels relative to isotropic radiator.

Antena yang juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca ini memiliki daya jangkau yang baik. Klaim jangkauan TP-Link EAP110-Outdoor adalah sampai lima kilometer line of sight. Oh ya, perangkat bersangkutan juga sudah mendukung teknologi MIMO.

Bagian bawah depannya bisa dibuka untuk mengakses port LAN. Port LAN ini memiliki kecepatan maksimal seratus megabit per second. Port LAN ini juga memiliki fitur PoE (power over ethernet) sebagai jalur masuknya daya ke perangkat ini. Ya, TP-Link EAP110-Outdoor memang hanya menyediakan PoE sebagai pilihan suplai dayanya. Hal ini wajar mengingat perangkat tersebut akan digunakan di luar ruangan. Untuk pemasangannya pun, TP-Link telah menyediakan bracket serta pengikat tambahan standar dalam paketnya. Ada juga baut untuk ground yang bisa Anda gunakan untuk membuang energi berlebih yang muncul dari lingkungan sekitarnya.

Perangkat ini bisa digunakan untuk menyediakan akses data via jaringan nirkabel di ruangan yang luas seperti ruang publik. Oleh karena itu, TP-Link EAP110-Outdoor juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang biasanya hadir pada access point seperti multi-SSID untuk memisahkan jaringan sesuai keperluan, serta captive portal untuk menyediakan portal autentikasi pengguna yang ingin terhubung ke jaringan.

TP-Link EAP110-Outdoor sendiri memiliki kecepatan transfer data yang lumayan baik. Kecepatan rata-ratanya sekitar 99 Mbps. Kecepatan rata-rata tersebut juga terlihat cukup konsisten tanpa adanya fluktuasi yang terlalu terasa.

Perangkat ini hanya menyediakan PoE sebagai suplai dayanya.

Manajemen banyak perangkat bisa dilakukan dengan aplikasi Auranet.

Plus: Material solid, sertifikasi IP65, ada software manajemen, harga terjangkau.

Minus: Konektor LAN hanya seratus megabit per second.

SpesifikasiTP-Link EAP110-Outdoor
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor1 x LAN 100 Mbps (dukung PoE)
Kecepatan300 Mbps
FiturMAC address filter, Multiple SSID, VLAN, Management software (Auranet)
KelengkapanAntena, Power adapter, Manual, Bracket tambahan
Garansi2 tahun
Situs webwww.tp-link.co.id
Kisaran hargaRp720.000

Comments

comments