Vivo V5Plus: Bokeh untuk Selfie

Untuk pasar tanah air, Vivo menghadirkan tiga varian seri V5. Setelah menguji Vivo V5, kini kami coba mengulas varian di atasnya, yaitu Vivo V5Plus. Sekadar informasi, varian satu lagi adalah Vivo V5Lite yang merupakan varian terendah.

Jika Vivo V5 mengunggulkan kamera depan dengan resolusi dua puluh megapixel dan merupakan yang pertama di dunia, kali ini yang menjadi “jualan” utama Vivo V5Plus adalah kemampuan untuk menghasilkan bokeh di kamera depan. Untuk itu, Vivo menyematkan dua kamera depan.

Kamera pertama dengan resolusi 20 MP berfungsi untuk mengambil objek secara tajam, sedangkan kamera kedua yang memiliki resolusi 8 MP berguna untuk mendeteksi kedalaman objek. Kombinasi kedua kamera inilah yang mampu menghasilkan bokeh pada kamera depan. Bokeh merupakan efek yang menampilkan objek utama secara tajam dengan latar belakang yang kabur alias blur. Untuk memotret selfie dengan bokeh tersebut, pengguna hanya perlu menekan fitur bokeh dan kamera akan bekerja secara otomatis.

Dari sisi desain, hampir tidak terdapat perbedaan signifikan antara Vivo V5 dan Vivo V5Plus. Smartphone ini mengadopsi ultrasim bezel yang membuat sisi kiri dan kanan layar terlihat lebih lapang dan maksimal. Ukuran tipis dengan material yang agak licin terkadang membuat pengguna mesti berhati-hati saat menggenggamnya agar tidak terselip. Untungnya paketnya telah menyediakan soft case sehingga membuatnya lebih mantap saat digenggam.

Jika Vivo V5 menggunakan SoC MediaTek MT6750, Vivo V5Plus menggunakan SoC Snapdragon 625 yang dikombinasikan dengan memori utama 4 GB serta media simpan sebesar 64 GB. Karena ukuran media simpannya terbilang besar, Vivo V5Plus tidak menyertakan selot micro-SD untuk penyimpanan eksternal. Dengan spesifikasi yang lebih tinggi ini, kinerjanya terlihat jauh mengungguli Vivo V5 (lihat tabel).

Daya tahan baterainya tidak jauh berbeda dari Vivo V5. Dengan kapasitas baterai 3.160 mAh, simulasi yang dilakukan PCMark menunjukkan baterai ini mampu bertahan selama 5 jam 37 menit.

Tidak hanya dari sisi komponen, layarnya pun memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding V5. Ukuran layar 5,5 inci yang digunakannya memiliki resolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan kerapatan 401 ppi. Begitu pula dengan penggunaan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5.

Mirip Vivo V5, Vivo V5Plus juga kaya akan fitur lain. Pengguna masih akan menjumpai fingerprint scanner, audio Hi-Fi dengan chip AKM AK4376, Smart Split, mode Eye Protection, serta tambahan Dual Charging agar proses isi ulang baterai berlangsung lebih cepat.

Dua Kamera Depan
Ada dua kamera di bagian depan. Pertama yang memiliki resolusi 20 MP dan yang kedua sebesar 8 MP. Tujuannya untuk menghasilkan bokeh.
Kamera Utama
Kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP ditambah dukungan PDAF untuk mengunci objek dengan cepat. Tersedia juga LED flash untuk membantu mengambil foto dalam kondisi gelap.
Fingerprint Scanner
Persis seperti Vivo V5, tombol Home juga memiliki fungsi sebagai fingerprint scanner. Caranya, cukup dengan menyentuhnya saja tanpa perlu menekannya.
Fitur Bokeh
Hasil dari fitur bokeh akan menajamkan objek utama dan membuat latar di sekitarnya menjadi blur secara otomatis (kiri tanpa bokeh, kanan dengan bokeh).
Pengaturan Manual
Kamera utama juga menyediakan pengaturan manual melalui pilihan Professional. Mode ini memungkinkan pengguna untuk bereksperimen lebih jauh guna mendapatkan foto yang lebih menarik.

Hasil uji

PengujianVivo V5Plus
AnTuTu Benchmark 6.2.062349
PCMark – Work Performance6376
3Dmark - Ice Storm 12098
3Dmark - Ice Storm Extreme7999
3Dmark - Ice Storm Unlimited13715
GeekBench 4 - Single Core 835
GeekBench 4 - Multi Core2975

PLUS: Desain keren, kinerja baik, memori utama besar, dual kamera depan 20 MP + 8 MP, ada fitur bokeh di kamera depan, ada pengaturan manual pada kamera utama, tersedia fingerprint scanner, audio Hi-Fi, layar dilindungi Gorilla Glass 5, dukung Quick Charge.

MINUS: Tanpa selot micro-SD, bodi licin.

SpesifikasiVivo V5Plus
Prosesor Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 (octa core Cortex-A53 sampai 2.0 GHz)
RAM 4 GB
Chip grafis Adreno 506
Kapasitas simpan internal 64 GB
Selot SIM Dual SIM (nano)
Jaringan seluler GSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksi Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, DLNA, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB OTG
Kamera Belakang: 16 MP, f/2.0, LED flash, video 2160p @ 30 fps/Depan: 20 MP + 8 MP, f/2.0, video 1080p
Layar 5,5ʺ IPS LCD 1.920 x 1.080 pixel @ 401 ppi, Corning Gorilla Glass 5
Kapasitas baterai Li-ion 3.160 mAh
Dimensi/bobot 15,26 x 7,4 x 0,73 cm/158,6 gram
Sistem operasi Android 6.0 Marshmallow (FunTouch OS v3.0)
Kelengkapan Adapter, kabel data USB, earphone, SIM ejector, soft case, buku manual, kartu garansi
Situs www.vivoglobal.id
Garansi 1 tahun
Harga Rp5.499.000

Comments

comments