Xiaomi Redmi 4X: Harga Terjangkau dan Daya Baterai Besar

 

Untuk pasar Indonesia, Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone Redmi 4X yang sudah memenuhi TKDN (resmi mendukung 4G LTE) dan memiliki spesifikasi agak mirip dengan Redmi 3S. Jika Redmi 3S menggunakan Snapdragon 430, Redmi 4X menggunakan Snapdragon 435. Bahkan dari segi fisik, hampir tidak terlihat perbedaan keduanya, mulai dari dimensi sampai penempatan fitur lain, seperti kamera, fingerprint, dan tombol-tombolnya.

Sebagai smartphone kelas menengah, Redmi 4X menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 435. Redmi 4X yang kami terima memiliki memori utama 3 GB dengan memori internal 32 GB. Secara umum, spesifikasi ini memang disesuaikan dengan segmen yang dituju. Dan hasil pengujian kami menunjukkan kinerja yang cukup baik untuk menjalankan beragam aplikasi yang ada di Google Play Store. Untuk di kelas menengah tersebut, smartphone ini menawarkan kinerja mumpuni.

Redmi 4X mengusung kamera utama 13 MP yang memiliki aperture f/2.0 serta fitur phase detection autofocus guna mendeteksi fokus dengan lebih cepat. Hanya saja pendeteksian terasa agak lama saat hendak memotret dalam mode makro. Jarak yang ideal untuk mode ini yaitu sekitar lima belas sentimeter.

Kamera depan untuk selfie memiliki resolusi lima megapixel yang menyediakan mode Beauty dengan pilihan Smart dan Pro serta Timer. Fitur kameranya bukanlah yang terbaik dan terlengkap, namun cukup memadai untuk melakukan selfie yang tidak membutuhkan detail tinggi. Karena tidak terdapat lampu kilat pada kamera depan, Anda mungkin akan mengalami kerepotan saat hendak melakukan selfie dalam kondisi cahaya kurang.

Dari sisi baterai, Xiaomi memang jempolan. Ini terbukti dengan pengujian yang kami lakukan menggunakan PCMark for Android. Baterai mampu bertahan sampai lebih dari dua belas jam. Perlu diketahui bahwa tingkat brightness kami pasang ke posisi maksimal yang berarti penggunaan daya lebih besar. Jika digunakan untuk aktivitas standar sehari-hari dengan koneksi data mobile, Redmi 4X ini bisa bertahan seharian penuh.

Dalam hal ketersediaan sensor, Xiaomi juga terbilang unggul, apalagi untuk smartphone kelas menengah ke bawah. Yang paling umum saat ini adalah adanya sensor fingerprint. Selain itu, kami mendapati ada enam belas jenis sensor lainnya yang berguna untuk aplikasi yang lebih beragam. Tidak ketinggalan termasuk gyroscope yang berguna untuk menjalankan aplikasi berbasis virtual reality ataupun video 360. Sensor ini pun bekerja cukup baik.

Mode Kamera
Aplikasi kamera juga menyediakan pilihan mode Manual. Namun, pilihannya sangat terbatas yaitu White Balance dan ISO saja.
MIUI 8.2
Berbasis Android Marshmallow dengan antarmuka MIUI 8.2, Anda tidak akan mendapati perbedaan tampilan dibanding seri Xiaomi lainnya.
Bodi Metal
Redmi 4X dibungkus bodi metal anodised aluminium. Selain menarik, ini juga membuatnya terasa makin kokoh saat digenggam.
Selot Hybrid
Kompartemen yang digunakan berjenis hibrida sehingga SIM kedua dan micro-SD menggunakan selot yang sama secara bergantian.
Mudah Dijangkau
Posisi sensor fingerprint cukup mudah dijangkau jari saat digenggam menggunakan satu tangan.

Hasil uji

PengujianXiaomi Redmi 4X
AnTuTu Benchmark 6.2.039004
PCMark – Work Performance3362
3Dmark - Ice Storm 8989
3Dmark - Ice Storm Extreme5779
3Dmark - Ice Storm Unlimited9431
GeekBench 4 - Single Core 656
GeekBench 4 - Multi Core1620

PLUS: Desain kokoh dan ergonomis, kinerja mumpuni, ada beragam jenis sensor, daya tahan baterai lama, merah infra bisa untuk remote control perangkat elektronik.

MINUS: Tanpa pelindung layar, paketnya tidak menyertakan earphone, fitur aplikasi kamera yang sedikit.

SpesifikasiXiaomi Redmi 4X
Prosesor Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 (octa core Cortex-A53 sampai 1,4 GHz)
RAM 3 GB
Chip grafis Adreno 505
Kapasitas simpan internal 32 GB
Selot SIM Dual nano (selot 2 hibrida dengan micro-SD)
Jaringan seluler GSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksi Wi-Fi 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, merah infra, radio FM, jack audio 3,5 mm, micro-USB
Kamera Belakang: 13 MP, autofocus, LED flash, video 1080p/Depan: 5 MP, video 1080p
Layar 5″ IPS LCD 1.280 x 720 pixel @ 294 ppi
Kapasitas baterai Removable Li-ion 4.100 mAh
Dimensi/bobot 13,92 x 7,0 x 0,87 cm/150 gr
Sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow
Kelengkapan Kabel data USB, adapter, pin, manual, garansi
Situs http://www.mi.com/id/
Garansi 1 tahun
Harga Rp2.099.000

Comments

comments