Getty Images Lakukan Kesepakatan dengan Google

Google melakukan kesepakatan untuk mengakhiri keluhan Getty Image European mengenai hak cipta foto. Kesepakatan baru antar keduanya yakni setuju agar Google mendapatkan lisensi “multi-year” untuk foto-foto milik Getty Images. Hal ini sebagai pendekatan untuk mengatur hak cipta dalam pencarian gambar di internet.

Di masa depan, Google akan lebih memperhatikan hak cipta atas foto yang ditemukan pengguna, sehingga pengguna mengetahui manakah foto yang berbayar dan mana yang tidak sebelum mengunduhnya. Selain itu, Google juga akan menghapus fitur “view image” sehingga mengurangi pengguna dalam melakukan pengunduhan foto secara langsung.

Dilansir dari Engadget, dalam keluhannya di komisi Eropa, Getty Images menuduh Google sebagai toko pembajakan.  Para pengguna Google dapat mengunduh foto tanpa harus mengunjungi situs resmi pemilik foto dan tanpa memperdulikan legalitas pengunduhan.

Sebelumnya, Google telah lama memiliki opsi untuk memfilter foto yang menggunakan hak lisensi. Hal tersebut akan membantu pengguna untuk meminta izin kepada pemilik gambar atas penggunaan gambar. Namun, sepertinya hal tersebut tidak menghentikan jumlah pengguna Google yang ingin mengunduh gambar yang diinginkan. Setidaknya dari cara ini mengurangi aktivitas pengunduhan pengguna dengan menggunakan cara biasa.

Comments

comments