Inilah Daftar Investor Go-Jek dari Astra hingga Google

Gojek

Perusahaan penyedia layanan ride sharing Go-Jek kembali memperoleh suntikan investasi senilai Rp2 triliun dari PT Astra International Tbk (Astra). Astra menambah daftar panjang perusahaan-perusahaan kelas kakap yang naksir dengan Go-Jek.

Prijono Sugiarto (Presiden Direktur Astra Internasional Tbk) mengatakan perusahaan akan menyuntik modal senilai USD150 juta atau sekitar Rp2,025 triliun ke Go-Jek.

“Ini adalah investasi terbesar kami di era digital sebesar USD150 juta,” katanya dalam Konfrensi Pers Astra X Go-Jek di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Prijono mengungkapkan alasan Astra tertarik untuk berinvestasi di Go-Jek karena Go-Jek memiliki masa depan yang baik. Apalagi, Go-Jek masuk dalam daftar 56 perusahaan
yang memberikan perubahan besar di dunia.

“Di antara Apple, Microsoft, Google tapi Go-Jek masuk. Dia satu-satunya dari Indonesia bahkan dari Asia Tenggara,” ucapnya.

Selain Astra, perusahaan raksasa Internet asal Amerika Serikat (AS) Google, perusahaan raksasa investasi Singapura, Temasek dan perusahaan asal China Meitua Dianping juga telah menanamkan investasinya ke Go-Jek senilai Rp16 Triliun.

Sequoia Investment yang merupakan investor awal Google telah terlebih dulu mengempit saham perusahaan yang dipimpin oleh Nadiem Makarim tersebut. Perusaahaan digital berbasis e-commerce seperti Rakuten asal Jepang dan JD asal Tiongkok serta Tencent melalui Tencent Holdings juga tercatat sebagai investor Go-Jek.

Adapun korporasi AS lain yang berkontibusi terhadap bisnis Go-Jek yaitu perusahaan-perusahaan private equity yang berbasis di Wall Street seperti Warburg Pincus, dan KKR & Co.

Sejak awal berdiri, Go-Jek telah menciptakan lapangan pekerjaan kepada jutaan penduduk Indonesia. Jumlah pengemudi Go-Jek yang terdaftar saat ini mencapai lebih dari 1
juta pengemudi, dengan lebih dari 125.000 mitra usaha, dan 30.000 penyedia jasa di platform Go-Jek yang menyediakan berbagai jenis jasa seperti transportasi,
pengantaran makanan, kurir barang, jasa kebersihan, hingga keperluan pembayaran.

Comments

comments