Persaingan Smartphone Rp1 Jutaan Makin Sengit, Siapa Jagoannya?

Xiaomi Redmi Note 4

Perusahaan riset IDC mengatakan persaingan smartphone dengan harga Rp1 jutaan makin sengit di Indonesia pada tahun ini, bahkan masing-masing vendor smartphone akan melancarkan perang harga smartphone satu sama lain untuk memenangkan pasar.

Masih serupa dengan 2017, pasar smartphone low-end masih akan tetap memegang pangsa pasar smartphone terbesar di Indonesia.

“Indonesia masih sangat price sensitive. Beberapa vendor lokal maupun global akan bermain dengan harga lebih kompetitif di rentang harga Rp1 juta,” kata Risky Febrian (Analis IDC) di Jakarta.

Risky mengatakan Xiaomi memiliki pengaruh besar dalam persaingan pasar smartphone Rp1 Jutaan karena pemasaran Xiaomi sangat agresif di pasar dan harga smartphone yang terjangkau serta spesifikasi smartphone yang mumpuni.

“Kiprah Xiaomi tidak bisa dianggap remeh di pasar smartphone Rp1 Jutaan karena pemasarannya yang agresif di Indonesia,” ujarnya.

Risky pun memprediksi banyak fitur-fitur di smartphone kelas premium yang akan beralih ke smartphone dengan rentang harga Rp1 jutaan. Fitur-fitur premium itu seperti full display dan dual camera yang saat ini hanya di pasar smartphone kelas menengah dan premium.

“Nantinya, fitur-fitur premium akan ada di perangkat smartphone low-end dengan rentang harga satu jutaan,” ucapnya.

IDC mengategorikan perangkat low-end adalah smartphone yang memiliki harga USD100-200 atau sekitar Rp1,3 – 2,69 juta.

Pada 2017, tiga pangsa pasar terbesar Indonesia adalah ponsel lowend, diikuti ponsel menengah, dan ultra low-end.

Comments

comments