Apa itu Cryptojacking dan Cara Menghindarinya

Apa itu cryptojacking

Cryptojacking adalah cara melakukan penambangan cryptocurrency dengan memanfaatkan tenaga komputer pengunjung sebuah situs.

Seperti kami pernah ulas di sini, sistem cryptocurrency membutuhkan daya komputasi yang besar. Biasanya, penambang melakukannya dengan merakit komputer khusus atau menggunakan kartu grafis dalam jumlah besar.

Namun cara normal itu membutuhkan biaya yang besar. Di sinilah daya tarik  cryptojacking. Alih-alih menggunakan komputer sendiri, pembuat cryptojacking memanfaatkan daya komputasi pengunjung situs. Dengan memasang sebuah script khusus, situs tersebut diam-diam akan memanfaatkan prosesor/kartu grafis pengunjung untuk menambang cryptocurrency.

Berarti cryptojacking itu ilegal?

Sebenarnya tidak ada aturan hukum yang melarang cryptojacking; setidaknya untuk saat ini. Cuma cryptojacking adalah pelanggaran etika serius yang bisa membuat pengunjung kapok berkunjung ke situs itu lagi.

Namun masalah menjadi pelik karena kecenderungannya saat ini hacker memanfaatkan situs milik orang untuk melakukan cryptojacking. Hacker secara diam-diam memasang script cryptojacking ke situs milik orang lain. Kasusnya sudah banyak, mulai dari situs Cristiano Ronaldo atau sebagian besar situs porno.

Namun ada pula situs yang terang-terangan mengaku melakukan cryptojacking. Salah satunya adalah situs torrent, Pirate Bay. Menurut Pirate Bay, cryptojacking adalah salah satu cara mendapatkan pendapatan selain dari iklan.

Bahayakah cryptojacking bagi pengguna?

Ketika terkena cryptojacking, komputer pengguna akan dipaksa bekerja mengerjakan script khusus cryptojacking. Berarti komputer harus bekerja lebih keras padahal hanya membuka situs tersebut.

Pada kasus Pirate Bay, komputer pengguna akan bekerja 30 persen lebih tinggi dari seharusnya.

Namun tidak ada script yang disuntikkan ke komputer pengguna. Jika pengunjung keluar dari situs tersebut, proses cryptojacking pun berhenti.

Jadi bisa dibilang cryptojacking masuk level menyebalkan karena membuat komputer lebih lelet dari seharusnya. Namun cryptojacking tidak membuat komputer pengguna terancam keamanannya.

Bagaimana saya tahu sebuah situs melakukan cryptojacking?

Jika Anda mengunjungi sebuah situs dan komputer Anda terasa lebih berat dari biasanya, gejala ini bisa menjadi indikator situs tersebut melakukan cryptojacking. Anda bisa mengecek beban komputer Anda melalui Task Manager di Windows (tekan Ctrl+Alt-Del) atau Activity Monitor di Mac.

Akan tetapi, “lebih berat dari biasanya” memang agak sulit dihitung karena semua tergantung aktivitas komputasi Anda selain mengunjungi situs tersebut. Jika memang ingin mengecek, Anda bisa tutup semua aplikasi kecuali situs tersebut, dan perhatikan beban komputer Anda. Jika tetap tinggi, berarti situs tersebut memang melakukan cryptocurrency.

Lalu, bagaimana menghindari cryptojacking?

Jika menggunakan browser Chrome, Anda bisa memasang plugin khusus seperti Miner Block atau No Coin. Di Firefox ada NoMiner dan No Coin. Sedangkan Opera versi 50 ke atas sudah mengintegrasikan kemampuan anti-cryptojacking ini ke dalam sistem bawaannya.

 

Comments

comments