Tips Mengamankan Data Facebook Anda

Kebocoran 50 juta data pengguna Facebook untuk memenangkan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) cukup menggemparkan karena Facebook sudah melanggar kebijakannya yang seharusnya menjaga data privasi pengguna.

Tak heran, banyak seruan #DeleteFacebook untuk menghapus akun Facebook seperti yang dilakukan Elon Musk (CEO Tesla dan Space X) dan Brian Acton (Pendiri WhatsApp).
Sayangnya, tidak semua pengguna rela untuk menghapus akun Facebook-nya karena sudah menyimpan banyak relasi, foto dan video. Karena itu, ada 5 cara untuk mengamankan data-data di Facebook tanpa perlu menghapusnya seperti dikutip Digital Trends.

1. Unduh Semua Data Facebook

Di pilihan Setting>General, Anda akan menemukan pilihan untuk mengunduh semua data yang dikumpulkan Facebook tentang diri Anda

Facebook memiliki fitur untuk mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing. Caranya mudah, pada bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu Setting dan pada halaman General Account Setting Anda akan menemukan tombol Download a copy. Tombol ini berfungsi mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook.

2. Ubah Setelan Privasi

Di halaman Setting, Anda akan menemukan tombol Privacy yang dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat profil Anda. Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat memberi Anda permintaan pertemanan, melihat daftar teman Anda, hingga melihat foto pribadi Anda. Anda bisa mematikan ke semua pengaturan dengan menekan tombol “edit” pada sisi kanan dan mengatur sesuai dengan keinginan Anda.

3. Cek Aplikasi

Candy Crush Saga adalah salah satu apps yang bisa mengakses daftar teman Anda

Anda harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi Anda. Caranya, Anda akan menemukan tombol Apps atau aplikasi pada halaman setting di bagian bawah. Dengan mengklik tombol ini, Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi Anda.

4. Hapus Facebook Anda

Pilihan terakhir adalah menghapus akun Facebook Anda. Caranya, Anda cukup masuk pada menu Setting dan pilih Download a copy of your Facebook data seperti pada pilihan pertama. Setelah itu, Anda harus menuju halaman ini kemudian klik Delete my account. Namun, Anda harus memastikan bahwa semua data telah Anda backup terlebih dahulu.

Comments

comments