Tips Sukses Meniti Karier di Bidang Artficial Intelligence

Artikel ini adalah sumbangan dari komunitas InfoKomputer. Jika Anda memiliki pemikiran yang ingin dibagi ke audience InfoKomputer, silakan kirim tulisan Anda ke redaksi[at]infokomputer.com. 

Akhir-akhir ini, minat terhadap teknologi artificial intelligence (AI) terus tumbuh secara eksponensial. Dan hal ini terjadi tidak hanya di negara-negara maju tetapi juga di kawasan berkembang. Orang melihat satu peluang besar dengan memanfaatkan AI untuk bisnis dan kehidupan yang lebih baik.Perkembangan teknologi baru, seperti artificial intelligence dan machine learning, lambat laun akan memicu kebutuhan akan orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk berkompetisi di industri?

Adopsi mobile phone, Internet of Things, dan media sosial memicu terciptanya data dalam jumlah sangat besar. Hal inilah yang mendorong orang menaruh perhatian besar terhadap AI.

Data dihasilkan secara lokal maupun di lokasi-lokasi yang terpisah. Data datang dalam bentuk terstruktur dan tak terstruktur. Ketika dimanfaatkan secara bijaksana, data dapat memberikan insight penting bagi perusahaan agar dapat melayani pelanggan dengan lebih baik.

Untuk memanfaatkan data bervolume besar dengan baik, AI dan machine learning terus berkembang. Dunia akademis dan sektor pemerintahan pun memberi perhatian besar. Berbagai tools dikembangkan perusahaan kelas dunia untuk dua teknologi ini, mulai dari Google, Microsoft, sampai AWS.

Pelajari Software untuk Masuki AI

Inovasi di bidang AI dimudahkan oleh software. Program komputer dengan algoritma AI, yang dapat menjalankan dan melaksanakan aneka pekerjaan, mendorong adopsi AI. Google, Microsoft, dan AWS, memiliki basis dan pengetahuan sangat luas tentang software. Dan tiga nama besar di bisnis teknologi ini menaruh minat besar terhadap AI.

Mengapa Anda harus tahu tawaran AI dari ketiganya? Dengan mempelajari software yang dibuat oleh Google, Microsoft, dan AWS, akan lebih besar kesempatan Anda memperoleh pekerjaan.

Banyak perusahaan di kota atau negara Anda lambat laun akan menggunakan platform AI dari tiga perusahaan tersebut untuk menyelesaikan proyek-proyeknya. Mempelajari teknologi-teknologi baru ini tidak berarti membatasi Anda pada teknologi Google, Microsoft, atau Amazon. Malahan Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk melamar pekerjaan ke banyak perusahaan lainnya.

Nah untuk memulai, perhatikan hal-hal penting ini:

  • Pelajari Matematika, Aljabar, Vektor, Regresi Linear, Probabilitas, dan Statistik
  • Pahami dasar-dasar dan terminologi yang digunakan dalam algoritma machine learning
  • Pelajari berbagai jenis algoritma dan penggunaannya

Jika Anda tertarik dengan domain AI, pilihlah satu area dalam AI yang menurut Anda paling potensial.

Cara Bertahan a la VKInfotek

Ketika Anda akan memulai karier di bidang ini, mungkin Anda bertanya-tanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa bertahan di tengah persaingan yang begitu beragam dan dengan adanya berbagai pilihan?”. Sah-sah saja memiliki pertanyaan demikian karena siapapun mungkin akan berpikir demikian ketika memulai sesuatu.

Harus Anda ingat bahwa bersikap skeptis dalam batasan tertentu masih terbilang “sehat” karena justru itu akan membuat Anda selalu siap dan lincah menghadapi aneka situasi. Berikut adalah contoh keberlanjutan (sustainability) jangka panjang.

Bagaimana cara VKInfotek bisa bertahan? Ada tiga fakta kunci:VKInfotek adalah sebuah perusahaan penyedia pengetahuan di bidang pengembangan perangkat lunak ERP yang sudah dikenal sejak dekade lalu. Dalam waktu sepuluh tahun, perusahaan ini bisa bertahan di tengah pasar yang kompetitif, yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Intuit, Oracle, Microsoft, dan lain-lain. Buku-buku VKInfotek  dipakai di universitas maupun oleh para pengembang software di berbagai perusahaan.

  1. Fokus pada satu domain
  2. Terus menerus memperbarui teknologi
  3. Fokus pada satu target basis pelanggan

Sangat paham dengan keterbatasannya, sejak awal VKInfotek memfokuskan diri pada pengembangan perangkat lunak ERP. Dalam istilah manajemen, ini disebut domain expertise. Hal lain yang patut dicermati adalah mereka secara konsisten meng-upgrade teknologi untuk mengembangkan software ERP. Saat tulisan ini dibuat, VKInfotek telah menambahkan satu teknologi baru, ASP Core yang merupakan teknologi Microsoft untuk Cloud Application Development & Deployment.

Fakta penting lainnya adalah VKInfotek hanya melayani developer yang belum pernah menduduki posisi project leader. Artinya, pelanggan mereka adalah developer yang masih berada di posisi entry level di perusahaan. VKInfotek paham pelanggannya, memiliki produk yang dibutuhkan, dan konsisten.

Kunci Sukses

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, jika Anda akan memasuki industri, inilah saran-saran kami. Jika Anda tertarik dengan domain AI, pilihlah satu area dalam AI yang menurut Anda paling potensial. Misalnya, kita lihat saat ini ada banyak kebutuhan akan Data Engineer, dan secara umum banyak perusahaan membutuhkan profesional di bidang Big Data. Programmer yang menguasai bahasa pemrograman Python juga banyak dicari.

Ketika Anda sudah menemukan area yang tepat, pilih entry point sesuai latar belakang dan kecakapan Anda. Kalau Anda jago programming, cobalah untuk memulai dengan Python atau R.

Bila Anda cakap dalam membaca angka, mulailah belajar statistik dan membaca data perusahaan. Buatlah rencana mengikuti ujian sertifikasi untuk Data Engineer. Dengan sertifikasi di tangan, Anda akan lebih mudah memperoleh pekerjaan.

Semoga sukses!

Penulis: Krishna K (IoT consultant, Bengaluru, India) & Dr. Sevenpri Candra (Bina Nusantara University, Jakarta)

Comments

comments