Epson WorkForce WF-100: Printer Portabel

Epson WorkForce WF-100 merupakan printer portabel berbasis inkjet warna. Perangkat  ini tidak hanya memiliki ukuran kompak, tetapi juga sudah dilengkapi dengan baterai sehingga bisa dioperasikan tanpa menghubungkannya ke sumber listrik eksternal. Bahkan dimensinya yang mungil dan bobotnya yang ringan ini, diklaim Epson sebagai yang terkecil dan teringan di dunia.

Menariknya, konektivitas yang tersedia tidak hanya melalui port USB, tetapi juga melalui koneksi Wi-Fi. Dengan koneksi ini, Anda bisa menghubungkannya ke komputer desktop atau laptop secara nirkabel. Ini bisa dilakukan melalui perantaraan router sehingga beberapa perangkat bisa terhubung secara bergantian.

Koneksi nirkabel ini juga mendukung fitur Wi-Fi Direct sehingga Epson WorkForce WF-100 bisa terhubung secara langsung dengan perangkat lain tanpa perantaraan router. Fitur tersebut biasa digunakan saat Anda hendak mencetak secara langsung dari smartphone atau komptuer tablet berbasis iOS dan Android sampai empat perangkat.

Pada bagian panel terdapat layar warna berukuran 1,44 inci serta beberapa tombol fungsi. Dari sini Anda bisa mengoperasikan serta melakukan berbagai pemantauan serta pengaturan secara langsung tanpa bantuan dari PC desktop maupun laptop.

Selain ukuran yang ringkas, penggunaan daya Epson WorkForce WF-100 juga minim. Saat terhubung listrik, perangkat ini beroperasi menggunakan daya sebesar 14 watt, sedangkan saat menggunakan baterai konsumsinya hanya sebesar 11 watt. Tidak heran saat menggunakan baterai, kecepatannya agak melambat.

Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1.860 mAh, tetapi kami sendiri tidak bisa mematok daya tahan baterai karena penggunaan printer yang bervariasi. Apalagi jika mengaktifkan mode Wi-Fi dan Wi-Fi Direct secara bersamaan yang akan memakan daya lebih besar. Untuk menghemat daya terdapat fitur battery saver. Di mode ini printer secara otomatis akan berada dalam kondisi sleep saat sedang tidak digunakan.

Dua Cartridge
Dengan cartridge yang terdiri dari warna hitam dan kombinasi tiga warna (tri-color), printer ini mampu mencetak segala jenis dokumen, mulai dari yang berbasis teks monokrom sampai foto berwarna.

Hasil uji

Kecepatan cetak5 halaman1 halaman
Teks mono (RTF) 1 menit 4 detik 18 detik
Teks warna (RTF) 2 menit 8 detik 30 detik
Teks+grafik (PDF) 2 menit 42 detik 39 detik
Gambar A4 (JPG) 3 menit 18 detik 45 detik

Plus: Dimensi ringkas, bobot ringan, hasil cetak bagus, dilengkapi baterai, dukung koneksi kabel dan nirkabel (Wi-Fi dan Wi-Fi Direct), bisa mencetak dari iOS dan Android, terdapat builtin driver.

Minus: Daya tahan baterai kurang lama, daya tampung kertas kurang banyak, kurang gegas.

SpesifikasiEpson WorkForce WF-100
Teknologi cetak Inkjet warna
Resolusi (maksimum) 9.600 x 2.400 dpi
Jumlah cartridge 2 (black dan tri-color)
Interface USB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct
Sistem operasi Windows, Mac OS X, Android, iOS
Paper input (maksimum) 20 lembar
Ukuran kertas Legal, Letter, A4, B5, A5, A6, 8″ x 10″, 5″ x 7″, 4″ x 6″, Envelope (#10, DL, C6)
Jenis kertas Plain, Epson matte, Epson ultra glossy/premium glossy/semigloss, photo paper glossy, amplop
Duplex Tidak
Dimensi (plt) 30,9 x 15,4 x 6,1 cm
Bobot (termasuk baterai) 1,6 kg
Konsumsi listrik (baterai/listrik ) 11/14 W
Garansi 1 tahun
Situs www.epson.co.id
Harga (kisaran) Rp3.850.000
Harga tinta (black/tri-color)Rp265.000/Rp219.000

Comments

comments