Oppo F3: Selfie Lebih Luas

Meski kehadirannya beberapa bulan setelah F3 Plus, namun Oppo F3 justru hadir sebagai penyempurna dari Oppo F1s. Satu yang berbeda dari Oppo F3 tatkala dibandingkan dengan Oppo F1s, adalah penggunaan dua kamera depan pada Oppo F3.

Dengan dua kamera depan, Anda bisa menghasilkan foto yang memiliki sudut pandang lebih lebar. Ini memungkinkan Anda mengambil foto secara berkelompok (wefie) karena kamera tersebut bisa “memuat” lebih banyak orang.

Secara rinci, kamera pertama memiliki sensor dengan resolusi 16 MP dan diafragma f/2.0. Kamera pertama ini berfungsi untuk memotret dengan sudut pandang normal, yaitu sekitar 70 derajat. Sementara, kamera kedua memiliki sensor dengan resolusi 8 MP dan difragma f/2.4. Kamera kedua itu berfungsi untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih lebar, yakni 120 derajat. Menariknya lagi, kombinasi kedua kamera ini bisa menghasilkan foto dengan efek blur tertentu yang sering disebut dengan bokeh. Menarik bukan?

Sebagai penunjang, aplikasi kamera menyediakan beragam pengaturan menarik. Bagi yang suka berkeksperimen untuk mendapatkan foto unik dan menarik, terdapat pilihan mode Double Exposure, Various Filters, Ultra HD, format GIF, serta mode Expert. Untuk mode Expert, di dalamnya terdapat pengaturan manual dengan pilihan yang terdiri dari AWB, Exposure, ISO, Shutter, Focus, serta yang terbilang menarik adalah pilihan format RAW. Aneka pilihan ini terdapat pada kamera utama saja. Untuk kamera depan, pilihan yang ada lebih sedikit tanpa mode Expert dan Ultra HD.

Yang menarik, khusus di kamera depan Anda bisa membuat foto selfie dengan tambahan efek bokeh. Anda tinggal masuk mode Beauty dan mengaktifkan efek blur. Terdapat pula pilihan Video dengan resolusi sampai full HD, Time-Lapse, Beauty, dan Panorama. Fungsi ini terdapat pada kamera depan dan utama.

Selain kamera, peningkatan dari F1s ke F3 mencakup resolusi layar yang kini sudah mencapai full HD. Sebagai pelindung juga sudah menggunakan Gorilla Glass yang lebih baru. Layar sentuhnya memiliki lima titik sentuhan yang bisa digunakan sekaligus. Oppo F3 juga dilengkapi dua belas jenis sensor. Salah satunya adalah gyroscope yang berguna untuk menjalankan aplikasi berbasis virtual reality ataupun video 360 derajat.

Mirip dengan Oppo F1s, tombol Home juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Dengan fitur enkripsi, tombol ini tidak berfungsi untuk membuka layar saja (unlock), tetapi juga untuk melindungi file atau aplikasi. File dan aplikasi tersebut bisa dibuka hanya oleh pengguna yang memiliki akses.

Dua Kamera
Dua kamera di bagian depan tidak hanya membuat Oppo F3 mampu menangkap gambar dengan sudut lebih luas, tetapi juga menghasilkan efek bokeh yang menarik.
Kamera Utama
Kamera utama Oppo F3 memiliki resolusi tiga belas megapixel. Kamera ini ditunjang aplikasi kamera yang memiliki pilihan mode Expert sehingga pengguna bisa melakukan pengaturan secara manual.
Selot Kartu
Dalam satu kompartemen terdapat tiga selot berbeda. Anda bisa mengoptimalkannya dengan memasang 2 kartu nano-SIM serta 1 kartu micro-SD secara terpisah.
Sensor Fingerprint
Sensor fingerprint yang terdapat pada tombol Home memiliki tiga fungsi, yaitu untuk membuka layar, melindungi file, serta menambahkan proteksi pada aplikasi.
Wide Angle
Perbandingan antara mode selfie (kiri) dengan wide angle selfie. Wide angle selfie menghasilkan latar belakang yang lebih luas.

Hasil uji

PengujianOppo F3
AnTuTu Benchmark 6.2.053105
PCMark – Work Performance2774
3Dmark - Ice Storm 8592
3Dmark - Ice Storm Extreme5634
3Dmark - Ice Storm Unlimited8730
GeekBench 4 - Single Core 765
GeekBench 4 - Multi Core2808

PLUS: Desain keren, kapasitas memori utama dan media simpan yang besar, memiliki dua kamera depan, ada pilihan mode manual pada kamera utama, layar dilindungi Gorilla Glass 5, tersedia sensor fingerprint.

MINUS: Kamera depan tanpa LED flash, tanpa NFC.

SpesifikasiOppo F3
Prosesor MediaTek MT6750T (octa core Cortex-A53 sampai 1,5 GHz)
RAM 4 GB
Chip grafis Mali-T860 MP2
Kapasitas simpan internal 64 GB
Selot SIM Dual (nano)
Jaringan seluler GSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksi Wi-Fi 802.11a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, A-GPS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB OTG
Kamera Belakang: 13 MP, dual LED flash, video 1080p/Depan: 16 MP + 8 MP, screen flash, video 1080p
Layar 5,5″ IPS LCD 1.920 x 1.080 pixel @ 401 ppi, Corning Gorilla Glass 5
Kapasitas baterai Li-ion 3.200 mAh
Dimensi/bobot 15,33 x 7,52 x 0,73 cm/153 gr
Sistem operasi Android 6.0 Marshmallow (ColorOS v3.0)
Situs www.oppo.com
Garansi 1 tahun
Harga Rp3.999.000

Comments

comments

TINJAUAN IKHTISAR
Kinerja
8,26
Fasilitas
8,5
Penggunaan
8
Harga
7
Salah satu anggota lab pengujian InfoKomputer yang memiliki pengalaman mendalam di hardware. Pecinta musik metal yang tetap sayang keluarga.