Apa Saja Fitur-fitur Canggih Terbaru Gmail?

Tampilan desain Gmail yang baru

Google baru saja mempermak ulang desain Gmail versi desktop sehingga terlihat lebih segar dan menawan. Google pun akan mengimplementasikan desain terbarunya untuk versi mobile.

Desain baru Gmail akan mengusung beberapa elemen khas Material Design (desain flat) dan beberapa fitur baru lainnya akan merombak kotak masuk Gmail. Gmail terbaru itu juga akan memiliki smart replies yang dapat membalas e-mail secara cepat, mengingat fitur itu sudah ada di perangkat mobile.

Selain itu, Google juga menghadirkan fitur terbarunya Snooze yang memungkinkan pengguna menunda sementara e-mail yang akan di kotak masuk Gmail untuk beberapa waktu tertentu sehingga pengguna bisa menghindari rantai percakapan e-mail tertentu.

Fitur baru lainnya, Gmail itu memiliki sidebar di sebelah kanan yang dapat mengakses Google Calendar, menyimpan catatan, atau melakukan tugas lain dengan pesan e-mail pengguna.

Google menghadirkan fitur self-destructing email atau email yang bisa menghapus dirinya sendiri. Jadi, Anda akan bisa memasang waktu “kadaluarsa” dari sebuah email dan membuat email itu menghilang akan menghilang dari kotak masuk Anda dan penerima.

Anda juga bisa mengirimkan email dalam “Mode Rahasia” yang akan mencegah penerima untuk mengirimkan email itu pada orang lain, menyalin email, mengunduh atau mencetaknya seperti dikutip The Verge.

Uniknya, Google menawarkan tiga layout terbaru. Pertama, tampilan default untuk melihat lampiran file foto atau dokumen. Kedua, tampilan sederhana yang tidak menampilkan file lampiran (attachment). Terakhir, adalah tampilan inbox yang terlihat penuh dan cukup dilihat dalam satu halaman.

Google akan meluncurkan secara resmi Gmail terbaru itu dalam ajang Google I/O yang akan berlangsung 8 Mei 2018 di Mountain View, California, AS.

Comments

comments