Pakde Hemat Kantong e-commere dan Online Shop untuk Sewa Gudang

Kini Pakde (www.pakde.co.id) menawarkan solusi outsourcing sewa gudang dan manajemen stok untuk pemain bisnis e-commerce dan online shop sehingga proses bisnis lebih efisien.

Pakde (Paket Delivery) merupakan startup penyedia layanan pergudangan (warehouse) dan manajemen stok, dua hal yang bisa menguras biaya, waktu, dan tenaga para pebisnis e-commerce.

Nicko Batubara (CEO Pakde) mengatakan Pakde menghadirkan solusi operasional logistik Usaha Kecil Menengah (UKM) berbasis online di Indonesia. Dengan solusi outsource seperti ini, penjual di e-commerce dan online shop bisa menyerahkan penyimpanan dan distribusi barang di Pakde. Ketika ada pesanan, penjual tinggal memerintahkan Pakde untuk mengirimkan ke alamat pembeli.

“Dengan layanan ini, kami berharap dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk fokus mengembangkan produk dan pemasaran bisnisnya. Itulah misi utama kami,” katanya dalam siaran persnya, Selasa.

Pakde menyediakan penawaran yang menggiurkan bagi pebisnis e-commerce maupun pelapak dari toko daring. Pakde juga menawarkan solusi yang dapat menyesuaikan kebutuhan klien dan tarif yang terjangkau.

“Pakde membuktikan bahwa biaya untuk meng-outsource gudang dan stock management tidaklah terlalu menakutkan dan membebani,” ucapnya.

Saat ini Pakde telah dapat melakukan pengiriman sampai dengan 3500 order per bulan dengan nilai investasi tahun ini mencapai 1 juta dollar AS.

Proses Bisnis

Pakde memiliki tiga proses bisnis yaitu pertama, proses inbound saat pihak Pakde menerima produk klien, melakukan pengecekan kualitas, dan stok produk didata oleh pihak Pakde agar bisa langsung dilaporkan kepada klien. Layanan inbound ini bisa diperoleh dari Pakde hanya dengan ongkos mulai dari Rp 2,000 per item.

Kedua, layanan gudang. Pada level ini, produk tersebut disimpan di gudang Pakde, ditempatkan pada rak yang tersedia. Tarif untuk jasa gudang ini ditawarkan mulai dari Rp 10 per produk per hari. Dengan biaya yang sangat terjangkau seperti ini klien mendapatkan penurunan biaya penyimpanan yang sangat signifikan.

Proses ketiga adalah proses outbound. Pakde menerima pesanan yang dikirim oleh klien ke pihak Pakde agar dapat diproses dengan melakukan pengecekan kualitas dan pengemasan. Pesanan itu dikirimkan langsung kepada pelanggan yang telah bertransaksi dengan klien Pakde. Layanan outbound ini dapat diperoleh dengan tarif Rp2000 pertransaksi.

Salah satu klien yang telah mencicipi efisiensi yang disediakan Pakde adalah MORAL, sebuah label pakaian high-street ready-to-wear.

Karlina Gahara (Business Director MORAL) mengatakan MORAL mempercayakan stok mereka kepada Pakde sejak Oktober 2017 lalu. Stok maupun pengiriman barang dilakukan dengan baik, walaupun sempat sedikit tersendat pada saat adanya pergantian sistem.

“Saya mengapresiasi Pakde yang selalu meng-upgrade gudang maupun sistem agar kinerja pun semakin meningkat. Saya yakin Pakde akan makin sukses dan selalu memberikan yang terbaik bagi kami semua,” tuturnya.

Comments

comments