VMware: CIO Memiliki Peranan yang Makin Penting

Bruce Davie (VP & Chief Technology Officer, Asia Pacific & Japan, VMware) ketika menegaskan sentralnya peranan CIO dalam transformasi digital di ajang CIO Forum yang berlangsung dari tanggal 9 sampai 11 April 2018 di Singapura.

Dari operasional ke strategis, itulah pesan yang ditegaskan oleh VMware mengenai peranan CIO di era transformasi digital ini pada CIO Forum yang berlangsung di Singapura dari tanggal 9 sampai 11 April 2018. Pasalnya transformasi digital itu bukan hanya sekadar menggunakan teknologi digital baru melainkan harus pula memiliki visi bisnis. Teknologi tersebut harus berkontribusi terhadap bisnis. CIO harus bisa menyejajarkan berbagai teknologi ini dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

“Jadi apa yang kami lihat sekarang adalah bahwa para CIO telah beranjak dari menjadi seseorang yang semacam mempertahankan lampu tetap menyala, memastikan bahwa sistem tetap berfungsi, menjadi seseorang yang benar-benar diperhatikan pada dewan, bisa benar-benar mempengaruhi cara perusahaan melakukan bisnis, ” ujar Bruce Davie (VP & Chief Technology Officer, Asia Pacific & Japan, VMware).

Pergeseran CIO dari seseorang yang “sekadar” mengontrol biaya menjadi seseorang yang bisa menghasilkan revenue berhubung menghadirkan peluang baru bagi bisnis ini pun tercermin dari hasil riset yang dilakukan IDC. Menurut riset IDC ini, pada tahun 2019 diperkirakan bahwa seluruh organisasi yang telah tertransformasi digital akan menghasilkan setidaknya 45% dari revenue mereka melalui model bisnis baru.

Selain itu, berdasarkan riset IDC lainnya, pada tahun 2020, dari 500 perusahaan teratas di dunia, lebih dari 80%-nya mengklaim melihat dirinya sebagai penyedia layanan digital. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Pat Gelsinger (Chief Executive Officer, VMware) bahwa saat ini semua bisnis adalah bisnis digital berhubung semua industri maupun proses bisnis kini digerakkan oleh teknologi digital seperti halnya cloud dan mobility.

Perubahan ini pun tentunya diadaptasi oleh VMware dalam menghadirkan produk dan layanannya. Bruce Davie mencontohkan bila di masa lalu produk yang ditawarkan VMware lebih fokus pada aspek biaya, lebih fokus pada penghematan biaya, kini produk yang ditawarkan VMware juga fokus untuk membuat penggunanya bisa lebih lincah dan menghantarkan sesuatu ke pasar lebih cepat.

Dengan berbagai produk dan layanan masa kininya, VMware bisa membantu CIO memenuhi peran barunya yang strategis itu. Misalnya dengan VMware vSphere dan VMware AirWatch, O-Bank, sebuah bank yang berpusat di Taiwan, berhasil menghadirkan layanan keuangan digital kepada konsumennya.

Dengan layanan keuangan digital, konsumen tidak perlu selalu datang ke kantor fisik atau sejenisnya bila ingin melakukan urusan keuangan. Hal ini bisa dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone sehingga lebih praktis. Layanan keuangan digital yang baik akan membantu bank dengan kantor fisik yang sedikit, seperti halnya O-Bank, untuk lebih bisa bersaing. Mereka jadi lebih bisa bersaing dengan bank yang memiliki kantor fisik jauh lebih banyak dan tersebar, tetapi tidak memiliki layanan keuangan digital yang baik.

 

Comments

comments